oleh

Antara Bising Kendaraan dan Teduh Suara Jangkrik

PAREPARE, SULAPA.COM — Melihat judul dari tulisan ini, mungkin anda berfikir antara kebisingan Kota dan Teduhnya Suasana Pedesaan.? Anda Salah.

Perkembangan tehnologi saat ini terus berkembang pesat, begitu juga produksi dan menjualan kendaraan semakit pesat. Kota Parepare yang dikenal dengan Kota Jasa dan Niaga, tak luput dari itu.

Riuhnya suara kendaraan Pagi hingga Malam hari mungkin kadang membuat waktu istirahat anda jadi terganggu. Begitu pula dengan bunyi jangkrik.

Dahulu Jangkrik tidak akan mengeluarkan suara krik kan, jika mendengar suara bising, mereka akan berbunyi memecah keheningan. Namun karena terbiasa, mereka berbunyi diantara riuh suara kendaraan, seperti di depan Pasar sentral Lakessi, Kota Parepare.

Sampai disini tentu anda akan bertanya, apa hubunganya Antara Bising suara knalpot dengan bunyi Jangkrik, atau anda mungkin langsung mengambil suatu kesimpulan itu karena factor alam, yang membiasakan jangkrik tak takut lagi dengan suara bising.

Nah, ternyata suara jangkrik ini bisa menjadi terapi buat anda yang sedang mengalami stress. Dipercaya suara jangkrik bisa meneduhkan hati jika kita dalam kondisi stress.

“ Saya membeli Jangkrik, bukan untuk taruhan seperti orang pada umumnya di Parepare. Ini saya beli untuk mengantar tidur saya. Diantara riuhnya kendaraan, jika kita mendengarkan suara jangkrik di kamar, kita langsung merasa kita berada di pedesaan, mata kita langsung mengajak untuk tidur, “ Kata Ahen, seorang Etnis Tionghoa, di Kota Parepare.

Salah seorang warga Budi, mengatakan hal yang sama. Ia datang ke emperan toko, depan Pasat sentral Lakessi, Kota Parepare hanya untuk membeli jangkrik. Suara jangkrik ia butuhkan untuk membantu beristirahat di rumahnya saat lelah.

“ Kadang sepulang kerja, Smart Phone, TV dan Buku, tak mambuat mata kita terpejam hingga tengah malam. Namun dengan mendengarkan suara jangkrik, bayangan kita seolah berada di kampung halaman, apalagi dengan kamar berpendingi ruangan, “ Ungkap Budi.

Selain terapi Berikut Kegunaan Jangkrik yang pernah dilansir Oleh Sejumlah Media Ternama Di Indonesia

  1. Mengusir tikus
    Tikus merupakan hewan pengerat yang berada di hampir setiap rumah. Keberadaan tikus juga membawa dampak kurang baik untuk kesehatan. Tikus sering bersembunyi di loteng maupun lubang-lubang tertentu di area rumah. Bagi Anda yang sedang mencari cara mengusir tikus, memelihara jangkrik menjadi pilihan yang tepat. Suara melengking yang dihasilkan akan membuat tikus merasa terganggu karena tikus adalah hewan yang tidak menyukai kebisingan.
  2. Menjadi pakan hewan peliharaan
    Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti ikan arwana, memelihara jangkrik sendiri di rumah lebih ekonomis karena Anda tidak perlu membeli jangkrik di pasar hewan. Dengan menyediakan memelihara jangkrik, otomatis pasokan pakan hewan peliharaan Anda lebih terjamin.
  3. Diolah menjadi makanan dengan gizi tinggi, Manfaat memelihara jangkrik di rumah selanjutnya adalah dapat diolah menjadi menu makanan utama atau camilan lezat. Sama halnya dengan belalang, jangkrik memiliki kandungan protein cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengolah jangkrik pun tidak begitu sulit karena hanya mengandalkan bumbu-bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, gula dan garam.
  4. Peluang usaha yang menjanjikan
    Memelihara jangkrik di rumah ternyata mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Usaha ternak jangkrik dapat menjadi peluang yang menarik karena pemeliharaannya relatif mudah. Selain itu, memelihara jangkrik sebagai hewan ternak tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda dapat memanfaatkan halaman belakang rumah untuk dijadikan lahan usaha.
  5. Manfaat memelihara jangkrik memang tidak sebatas pengusir hama saja. Apabila melihat pangsa pasar dengan jeli, jangkrik justru akan mendatangkan pundi-pundi rupiah. Selain dari segi bisnis, dari segi kesehatan juga bermanfaat untuk tubuh sebagai sumber pangan yang baik dengan kandungan gizi tinggi. Jadi tunggu apalagi, Anda dapat memelihara jangkrik di rumah dari sekarang.
    Demikian penjelasan dan uraian kami tentang beberapa manfaat bila Anda memelihara jangkrik di rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mengusir tikus yang ampuh di bawah ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed