Weekend di Pantai Tanjung Tonrangeng (PATATO)

PAREPARE, SULAPA. COM – Geliat usaha warung makan berkembang pesat di Kota Parepare tanah kelahiran Presiden RI ke-3 Prof.Dr.Ing.BJ.Habibie. Parepare merupakan kota transit dan penghubung trans Sulawesi Selatan ke Sulawesi Barat dan sekitar Ajatappareng. Peluang ini dimanfaatkan Sappe untuk mendirikan Kafe dan Resto PATATO (Pantai Tanjung Tonrangeng).

Sappe Tonrangeng nama familiarnya di tengah-tengah masyarakat yang juga sebagai Wakil Sekretaris Masjid At-Ta’awun pernah ikut berkompetisi mengikuti pemilihan legislatif Dapil III Bacukiki dan Bacukiki Barat. Namun usahanya untuk menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Parepare tertunda. Semangatnya tidak pernah luntur sebagaimana pengakuannya bahwa ” saya ini anak nelayan”.

Ia membuka warung makan di sekitar Pantai Tonrangeng Dalam. Sebelumnya telah berdiri Pantai Pasir Putih Tonrangeng yang bisa dikenal Paputo dilahan milik almarhum Drs. H. Mirdin Kasim mantan Wali kota Parepare tetapi manejemennya dikelola langsung oleh H. Karlos Husain, SH, M.Si owner D’Carlos Cafe.

Masyarakat Tonrangeng Dalam mata pencahariannya umumnya nelayan. Hasil tangkapannya dibawah ke pasar terdekat Pasar Sumpang Minangae. Dengan berdirinya Kafe dan Resto Patato hasil tangkapan ikan dari masyarakat Tonrangeng tidak perlu dibawah keluar karena owner Warung Makan Patato langsung membelinya dengan harga cukup bersaing apalagi ikannya masih segar.

Weekend di Patato sangat menyenangkan apalagi dapat menyaksikan langsung Tanjung Ujung Lero yang berada di wilayah Kabupaten Pinrang serta menikmati indahnya Pantai Lumpue dengan terumbu karang yang masih alami. Kita juga dapat menyaksikan keluar masuknya baik kapal barang maupun penumpang dari Pelabuhan Nusantara Parepare.

Sappe sehari-harinya sebagai Ketua ORW I Kelurahan Lumpue sangat peduli melayani kebutuhan masyarakatnya. Ia tak risih membakar ikan sekaligus melayani pelanggangnya. Dengan penampilan rambut kucirnya yang selalu tampil nyentrik. Launching Kafe dan Resto Patato sebagaimana pengakuan ownernya Sappe, 31 Agustus 2019 bertepatan dengan 01 Muharram 1441 H. Sengaja dilaunching di Bulan Muharram semoga dapat berkah di Bulan Muharram ini.

“Apalagi di Bulan Muharram banyak peristiwa yang terjadi di antaranya Nabi Musa AS selamat dari kejaran Firaun di Bulan Muharram, Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari jilatan api di Bulan Muharram dan Nabi Yunus keluar dari perut ikan dengan selamat di Bulan Muharram.” Terang Sappe

Lap : Shodiq Asli Umar

Tinggalkan Balasan