oleh

SMAN 4 Parepare Diserbu Tim Robot Dari Politeknik Negeri Ujung Pandang

PAREPARE, SULAPA.COM – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 yang berada di Jl. Lasiming No. 22 Kel. Ujung Bulu Kecamatan Ujung Kota Parepare kedatangan Tim Robot dari kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jum’at (28/02/20).

Sebanyak 26 mahasiswa yang bertandang untuk memperkenalkan karya robot yang telah dihasilkan melalui seminar dan juga antraksi robot didepan siswa/siswi SMAN 4 Parepare.

Fadhlani Qurrata Ayun selaku koordinator tim robot Politeknik Negeri U. Pandang mengungkapkan tujuan dari kedatangannya untuk berbagi ilmu tekhnologi dan melihat minat siswa terhadap robot.

“Jadi robot yang kami tampilkan itu hasil dari buah karya kami, mulai dari visual, menyusun perangkat-perangkatnya hingga berfungsi”, kata cewek berjurusan teknik mesin ini.

“Disini kami membawa dan antraksikan beberapa yaitu Line follower robot yaitu robot mengikuti garis diberi nama CRC, robot Penari yang menari sesuai musik yang disajikan diberi nama CMCS Art, kemudian Robot pembersih atau Wall C, dan Drone yang kami rakit sendiri”, tambahnya

Menanggapi kedatangan tim robot Polteknitk Negeri U. Pandang, H. Muhammad Taha Taking selaku Kepala SMAN 4 mengapresiasi kedatangannya.

“Kedatangan mereka ini perlu diacungkan jempol, karena mereka tidak hanya menyampaikan teori tapi juga ada prakteknya”, ungkap Kepsek SMAN 4

Ia menambahkan, jika daya tarik dari sosialisasi keilmuannya membuat para siswa fokus memperhatikan.

“Kita tadi lihat bersama dari merakit robot hingga menjalankannya, tidak banyak orang yang melakukan hal seperti ini”, tambah Pak Taha sapaannya

Diketahui tim robot Politeknik Negeri U. Pandang yang diberi nama CMCS atau Centre For Mechatronics and control systems ada sejak 10 tahun yang lalu, merupakan komunitas ekstra kampus yang di dalamnya mahasiswa berbagai macam jurusan dan mempunyai minat terkait robotik.

Tim robot CMCS Politeknik U. Pandang selalu mengikuti kompetisi robot Nasional dan pernah menghasilkan juara 1 pada tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Dikti.

Fadhlani Qurrata Ayun disapa Ayun berharap kedatangan tim robot dapat memotivasi semangat belajar siswa dan siswi SMAN 4 Kota Parepare.

“Apa yang dipelajari sekarang, itu bisa kita terapkan kedepannya”, tutupnya. (Lap Achy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed