oleh

GTS ke-3 NGP, Yakult Urai Manfaat Bakteri LcSs

PAREPARE, SULAPA. COM – Dr. Minoru Shirota merupakan seorang peneliti terkemuka di bidang mikrobiologi yang berasal dari Jepang. Dr. Minoru Shirota melanjutkan penelitian berdasarkan teori dari Ellie Metchinikoff dan pada tahun 1930 menemukan suatu strain baru bakteri L.casei yang akhirnya dinamai dengan Lactobacillus casei Shirota strain (LcSs). Uraian pembuka saat perwakilan Yakult Indonesia cabang sidrap Muhammar Hadir pada kegiatan Goes To School. Ke-3 NGP di SMA 4 Jl. Atletik kota parepare. Senin (09/20/20).

Lanjut Amar, Lacto berarti susu, bacillus berarti bahwa bakteri ini berbentuk batang (basil), casei berarti keju, sedangkan Shirota strain menggambarkan penemu dari bakteri tersebut.

“Bakteri LcSs juga merupakan bakteri homofermentatif, yaitu hasil fermentasinya menghasilkan asam laktat saja dan tidak menghasilkan alkohol/etanol. Baktei L. casei Shirota strain didapatkan dari alam dan merupakan hasil seleksi dari berbagai bakteri kemudian dipilihlah bakteri yang paling unggul.” Urainya.

Menjawab pertanyaan siswa tentang Keunggulan Bakteri LcSs, Amar menjelaskan Bakteri LcSs yang ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota berbeda dengan strain L.casei yang lain karena bakteri ini memiliki beberapa keunggulan.

“Jadi keunggulan Bakteri LcSs diantaranya, Tahan terhadap asam lambung, Tahan terhadap cairan empedu, Mampu masuk ke usus dalam keadaan hidup, bahkan terbukti hidup hingga di feses. Hal tersebut membuktikan bahwa bakteri LcSs merupakan bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan demikian, pada tahun 1935 Dr. Minoru Shirota menciptakan minuman susu fermentasi bernama Yakult yang mengandung bakteri LcSs.” terangnya.

Menutup uraiannya, ia mengungkap manfaat bakteri tersebut. Ia mengatakan Manfaat Bakteri LcSs, Konsumsi rutin bakteri LcSs yang ada di dalam produk Yakult dapat memberikan manfaat Mencegah gangguan pencernaan, Meningkatkan jumlah bakteri bermanfaat di dalam usus, Mengurangi jumlah bakteri merugikan di dalam usus, Mengurangi racun di dalam usus, Meningkatkan daya tahan tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed