Pemerintah Kabupaten Pinrang Terima Penghargaan Tingkat Mutaritas APIP dan SPIP level 3

PINRANG, SULAPA. COM – Pemerintah Kabupaten Pinrang menerima penghargaan Tingkat Mutaritas Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) masing-masing Level 3, Kamis (12/3/2020) di Aula Kantor Bupati Pinrang. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Pinrang, Irwan Hamid dan diserahkan oleh Kapala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulsel, Arman Sahri Harahap. Bupati saat menerima penghargaan didampingi Inspektur Kabupaten Pinrang, Haeruddin Bakrie.

Serah terima penghargaan ini berlangsung dalam kegiatan Gelar Pengawasan Daerah tingkat Kabupaten Pinrang Tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Pinrang.

Penghargaan ini cukup membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Pinrang, untuk mencapai level 3 Integrated, APIP dan SPIP harus mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern. Level 3 juga menunjukan bahwa manajemen Aparat Pengawasan Instansi Pemerintah dan parktik profesional telah diterapkan secara seragam.

Penghargaan Tingkat Mutaritas Kapabilitas APIP dan SPIP Level 3 yang diterima pemerintah Kabupaten Pinrang untuk saat ini adalah level yang tertinggi diterima. Belum ada institusi APIP yang mendapatkan level di atas dari level 3.

Bupati Pinrang Irwan Hamid mengatakan, tantangan dan hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, seiring dengan dinamika perubahan berbagai paradigma penyelenggaraan pemerintahan daerah, perlu disikapi dengan komitmen, kerja keras dan sinergitas oleh seluruh jajaran pemerintahan termasuk aparat pengawasan internal pemerintah khususnya dalam merespon tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin kritis dan dinamis.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Arman Sahri Harahap mengungkapkan bahwa penghargaan untuk daerah Pinrang melalui proses yang selektif, untuk mencapai APIP level 3, Pinrang telah meraihnya dan hanya segelintir daerah yang mendapatkan. Arman Sahri menilai capaian tersebut luar biasa dan berkat bimbingan dan kerja sama dalam pelaksanaan pembinaan serta pengawasan.

Di tempat yang sama,Inspektur Kabupaten Pinrang, Haeruddin Bakrie mengatakan salah satu tujuan Gelar Pengawasan daerah, yaitu memberikan penguatan dan dukungan terhadap pelaksanaan pembinaan serta pengawasan yang dilakukan Apartat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) pada lingkup Pemkab Pinrang dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Terkait dengan penghargaan yang diterima Kabupaten Pinrang hari ini, dari segi definisinya, APIP adalah singkatan dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah atau Pengawas internal pada institusi lain, merupakan unit organisasi di lingkungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Negara, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan dalam lingkup kewenangannya melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi. Untuk Kabupaten Pinrang, Institusi APIP adalah Inspektorat Kabupaten Pinrang.

Hadir dalam acara Para Staf Ahli, Asisten, Para Pimpinan OPD, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Pinrang.(herman chandra/sar/humas Pinrang)

Akbar sulapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Wakil SD 4 Wakili Parepare Ke Tingkat Provinsi

Jum Mar 13 , 2020
PAREPARE, SULAPA. COM – Prestasi membanggakan kembali diukir SD Negeri 4 Kota Parepare. Setelah sebelumnya menjadi juara 1 Cerdas Cermat dalam Lomba Pekan Pendidikan Agama Islam (PAI) se Sulsel, kini sekolah yang beralamat di Jalan Masjid Raya Parepare akan mewakili Parepare di tingkat Provinsi. Dua siswanya berhasil meraih juara satu di lomba Musabaqah Tilawatil Quran dan lomba Nasyid Majelis Anak […]

PILIHAN PEMBACA

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengikuti web seminar (webinar) kesehatan yang digelar PKK Provinsi Sulsel. Webinar bertemakan Revitalisasi Posyandu di Masa Pandemi Covid 19 melalui Pergerakan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Sehat 2025 ini digelar menggunakan video konferensi, Jumat, (10/07/20). “Melalui revitalisasi posyandu menjadikan posyandu dan para kader sebagai ujung tombak penanganan […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan tampil memukau dalam talkshow atau obrolan yang digelar Tellu Paccarita (TP), sebuah acara berbasis kearifan lokal yang diinisiasi seniman Parepare. Dalam talkshow yang dipandu tiga pembicara (Tellu Paccarita), Erna Rasyid Taufan diberi amanah mengulas Kiat-kiat Membumikan Alquran, Rabu, (8/7/2020), kemarin. Mantan presenter TVRI ini pun berhasil menjadi […]

  • Interaktif, Hadirkan Juara Tahfidz Internasional PAREPARE, SULAPA. COM – Jadwal dirumahbelajarkan bagi siswa yang masih diperpanjang, mendorong Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menggagas program web seminar (webinar) dengan menghadirkan siswa, orangtua dan guru.  Menggandeng organisasi yang dibina Majelis Anak Sholeh (MAS), kegiatan webinar sukses digelar dengan dihadiri kurang lebih 500 partisipan yang terdiri dari kalangan siswa tingkat […]

  • PANGKEP, SULAPA. COM– Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji S.I.K melaksanakan kunjungan silaturahmi di Rumah Tokoh Masyarakat Nasrullah Salam, SH di Kp. Taraweang Desa Kabba Kec. Minasatene Kab. Pangkep.Kamis (09/07/20). Kegiatan silaturahmi Kapolres Pangkep ini didampingi oleh Kapolsek Minasatene Iptu Abd Halim. SH, Bhabinkamtibmas Aipda Muh. Amir dan Personil Polsek Minasatene, dan juga di hadiri oleh KH. Drs. Muh. Ramli Mas’ud […]

  • PANGKEP, SULAPA. COM – Dalam rangka mewujudkan Keamanan Masyarakat yang aman sehat dan tertib serta melaksanakan instruksi dari Pimpinan tentang tatanan era new normal Covid 19, Bripka Muhammading selaku Ka Jaga Polsek melaksanakan Patroli dipemukiman guna mencegah terjadinya suatu tindak kriminalitas. Patroli tersebut sekaligus melaksanakan himbauan tentang memasuki massa tatanan New Normal tatanan Kehidupan baru terhadap masyarakat yang ditemui. ketika […]

× Iklan, Saran dan Kritik Hubungi Kami