Gubernur Serahkan Bantuan dan Resmikan Proyek di HUT Ke-60 Parepare


PAREPARE, SULAPA. COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah (NA) dan istri, Lies F Nurdin menghadiri hari jadi Kota Parepare Ke-60 di halaman Rumah Sakit Regional Parepare, kawasan Tonrangeng River Side, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Sabtu, (14/03/20).

Pada kesempatan ini Nurdin juga meresmikan Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie, menyerahkan sejumlah bantuan dan meresmikan pemanfaatan sejumlah proyek lainnya.

“Alhamdulillah kita kembali hadir bersama dalam rangka perayaan hari ulang tahun Parepare ke-60. Sekaligus meresmikan beberapa proyek diantaranya Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie,” kata Nurdin Abdullah.

Peresmian rumah sakit ini menjadi wujud bukti bahwa masalah ego sektoral dapat dihilangkan antara Pemprov dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sedangkan untuk pembangunan rumah sakit ini lanjutan Nurdin meminta agar dihitung berapa kebutuhan yang ada dan dapat diselesaikan dalam beberapa tahun.

Bantuan lainnya yang diserahkan yakni pemadam kebakaran, ambulans dan ambulans laut.

“Ambulans ini kalau kita beli ini nilainya nilai Rp 30 miliar Pak. Karena ini hibah maka saya pikir kita tidak sulit. Sehingga hari ini saya persembahkan untuk Pak Walikota untuk ambulans ini tinggal di sini,” sebut Nurdin Abdullah.

Semua ini merupakan bentuk pelayanan Pemkot Parepare dan Pemprov Sulsel sebagai wakil Pemerintah Pusat.

Lanjutnya, Ia bersama wakil gubernur senantiasa memberikan layanan, Gubernur juga menyampaikan kepada warga parepare bahwa sebagai Pemerintah Provinsi juga menjadi Wakil Pemerintah Pusat. Hal ini juga didukung oleh DPRD Sulsel dan Kota Parepare.

“Insyaallah kita tidak akan bersaing membangun Pak Bupati dan Walikota. Posisi Provinsi akan menjadi supporting bagi kabupaten-kota untuk mendorong percepatan pembangunan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menjelaskan kondisi kesehatan dan kondisi pembangunan ekonomi. Kota Parepare sudah tiga tahun berturut-turut target 100 persen capaian target Universal Health Coverage (UHC) seluruh warga telah terlayani layanan kesehatan.

“Jadi tidak ada warga kami yang tidak tercover persoalan pelayanan kesehatan,” sebutnya.

Tren angka kemiskinan semakin membaik. Tahun 2016 angka masih berada pada 8,8 persen dan di tahun 2019 ini turun secara drastis menjadi 5,2 persen. Empat tahun terakhir batang tubuh APBD tidak pernah di bawah 60 persen untuk belanja modal dan belanja pegawai selalu di bawah 40 persen.

Sedangkan terkait hari jadi Parepare, sedianya dilaksanakan pada 17 Februari namun ditunda karena mempersiapkan penyelesaian RS Regional ini.

“Hari jadi Kota Parepare ke-60 ini mestinya diperingati pada tanggal 17 Februari, pada kesempatan ini saya ingin mengatakan permohonan maaf kepada segenap masyarakat Parepare. Penundaan ini tidak terlepas dari keinginan kuat Bapak Gubernur untuk memberikan kado ulang tahun kepada masyarakat Parepare yaitu dengan menghadirkan Rumah Sakit Regional Provinsi Sulawesi Selatan dr Hasri Ainun Habibie ini,” jelasnya.

Selama enam tahun, Kota Parepare menjabat telah banyak berubah sebab menjadikan BJ Habibie sebagai inspirasi.

“Berbagai keberhasilan enam tahun terakhir ini, tentunya memberikan gambaran kepada kita semua bahwa berbagai kebijakan dan terobosan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah telah berada pada rel yang tepat, walaupun tidak dapat kita pungkiri masih banyak hal-hal yang mesti dibenahi,” pungkasnya. (*)

Akbar sulapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ratusan Personil TNI-Polri Amankan Peresmian RS. Regional dr. HAH

Sab Mar 14 , 2020
PAREPARE, SULAPA. COM – Ratusan Personil baik dari TNI maupun Polri diturunkan untuk mengamankan peresmian Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie tepatnya di Tonrangang River Side Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Kapolres Parepare Akbp Budi Susanto, S.ik mengatakan, TNI dan Polri yang diturunkan dalam pengamanan 300 Personil. “Pengamanannya kita perketat mulai dari pintu masuk Tonrangang […]

PILIHAN PEMBACA

  • Membanggakan, Ketua P2KKN dan Dosen Pembimbing Semua dari Parepare PAREPARE, SULAPA. COM — Pemerintah Kota Parepare menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin, 13 Juli 2020. Penerimaan dan pembukaan resmi secara virtual oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe diwakili Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad. Penerimaan diikuti oleh Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, beberapa […]

  • PANGKEP, SULAPA. COM – Bhabinkamtibmas Polsek Minasatene Polres Pangkep Aipda Muh. Amir bersama Babinsa Koramil 1421 – 02 Minasatene Pelda Gassing melakukan perintisan dan pembuatan jalan Alternatif yang menghubungkan dari Kp. Japing Japing ke Kp. Alattarajae Kel. Bintolangkasa Kec. Minasatene Kab. Kangkep. “Sehubungan Kp. Alattarajae Kel. Bontolangkasa yang selama ini masih terisolasi tidak ada akses jalan menuju Kp. Tersebut kecuali […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Sigap tanggap Covid-19 dilakukan oleh Kelurahan Lumpue Kecamatan Bacukiki Kota Parepare dengan mengadakan rutinitas penyemprotan disinfektan diberbagai tempat di wilayah kelurahan lumpue, Ahad (12/07/20) Rutinitas tersebut di koordinir langsung oleh lurah lumpue Siswandi Dwi Saputra, ia menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut untuk memutus mata rantai virus corona. “Penyemprotan disinfektan ini tidak hanya dari tim kelurahan, tapi […]

  • MAKASSAR, SULAPA. COM – Pemilihan wali kota Makassar desember mendatang nampaknya akan semakin dinamis. Meski berlangsung serentak diberbagai kab/kota di seluruh indonesia. Khusus di Sulawesi selatan, Makassar menjadi sorotan belakangan ini. Selain karena menjadi episentrum politik di Sulsel, juga dikarenakan sejumlah tokoh berpengaruh akan mengambil peran dibelakang bakal calon. Apalagi nyaris semua bakal calon yang ada saat ini, bergantung pada […]

  • JAKARTA, SULAPA. COM – Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), maupun Aliyah (MA), akan menggunakan kurikulum baru untuk Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. “Mulai tahun pelajaran 2020/2021, pembelajaran di MI, MTs, dan MA akan menggunakan kurikulum baru […]

× Iklan, Saran dan Kritik Hubungi Kami