oleh

Info Sehat : Siapa yang harus mengisolasi diri?

• Orang yang pulang dari negara terjangkit atau wilayah di mana wabah berlangsung. Mereka perlu mengisolasi diri selama 14 hari sejak tanggal kepulangan mereka dari tempat-tempat tersebut. Namun, jika seseorang sudah tiba lebih dari 14 hari dari tanggal kepulangan, maka tidak perlu karantina mandiri.

• Orang yang mengalami gejala-gejala COVID-19 atau penyakit menular lain, seperti batuk, demam, dan sesak napas. Mereka harus mengisolasi diri selama 14 hari dan melakukan konsultasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan.

• Orang yang melakukan kontak dengan penderita COVID-19. Mereka diwajibkan mengisolasi diri selama 14 hari. Jika terjadi gejala, segera hubungi fasilitas kesehatan.
• Saat Pandemi melanda suatu tempat, orang dengan sadar harus mengisolasi diri untuk mencegah dan menghentikan penyebarannya.

Bagaimana cara mengisolasi diri?

Kamu harus tetap berada di rumah selama 14 hari isolasi. Jangan pergi ke tempat umum atau tempat di mana kamu berisiko melakukan kontak dengan orang lain, seperti tempat kerja, sekolah, penitipan anak, atau ruang publik lainnya.
Jika kamu berada di rumah di mana orang lain tinggal bersamamu dan mereka belum pernah bepergian ke tempat wabah atau kontak dengan pasien COVID-19, maka kamu harus meminimalkan kontak dekat dengan mereka.

Kamu tidak boleh berbagi piring, gelas minum, peralatan makan, handuk, bantal, atau barang-barang lainnya dengan orang serumah. Setelah menggunakan barang-barang itu, kamu harus mencucinya dengan cairan pembersih yang bisa membunuh kuman atau virus.

Bagaimana jika kondisi justru semakin memburuk?

Jika kondisimu semakin memburuk, segera cari bantuan medis, kamu dapat menelepon layanan Call Center 112 yang disediakan Pemerintah Kota Parepare. Hal ini sangat penting bagi kamu sebelum mengunjungi dokter atau bagian gawat darurat di rumah sakit.

Jangan sekali-kali menutupi kondisi yang kamu rasakan kepada petugas kesehatan. Jelaskan gejala dan riwayat perjalanan ketika melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Dokter akan memberi petunjuk seputar isolasi diri dan arahan untuk orang-orang yang tinggal bersamamu.

Sumber : Humas Infokom RSUD Andi Makkasau

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed