6.852 PBI Parepare Ditanggung Pusat, 11.535 Warga Berpeluang Terakomodir BPJS Kes

PAREPARE, SULAPA. COM – Ribuan penerima bantuan iuran (PBI) yang selama ini ditanggung dari APBD Kota Parepare akan beralih ke PBI APBN.

Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, ada 6852 PBI APBD Parepare yang diakomodir oleh PBI APBN atau ditanggung oleh pemerintah pusat.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi sinkronisasi data PBI Pemkot Parepare dengan BPJS Kesehatan di ruang rapat Bappeda Parepare, Kamis, (02/04/20)

Rapat dihadiri lengkap oleh Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen, Kabid Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Dede Alamsyah Wakkang, Kabid Promkes dan Kesmas Dinas Kesehatan Parepare, Bidan Kasna yang mewakili Kadis Kesehatan, Hanise dari Dinas Sosial Parepare.

Dari BPJS Kesehatan hadir langsung Kepala BPJS Kesehatan Parepare, Mustafa dan jajaran.

Kabid SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede A Wakkang menjelaskan, rapat membahas perapihan data menyikapi peralihan PBI APBD ke PBI APBN.

“Berdasarkan data yg diberikan oleh BPJS, ada 6852 PBI APBD yang diakomodir oleh PBI APBN. Hal ini tentunya sangat membantu Pemkot dalam hal mengcover warganya yang belum ditanggung oleh BPJS,” ungkap Dede.

Karena itu, kata dia, perlu koordinasi antara Pemkot dan BPJS untuk memperoleh data seberapa banyak warga Parepare yang bisa diakomodir oleh dana APBD setelah 6.852 PBI ditanggung oleh pemerintah pusat.

Dede mengemukakan, hal ini memberikan angin segar kepada warga yang belum ditanggung oleh PBI APBD untuk diusulkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Ada kurang lebih 11.535 warga Parepare yang masuk dalam DTKS/BDT perlu untuk divalidasi NIK melalui Dinas Capil agar disinkronkan datanya sehingga dapat mengisi PBI APBD dimaksud,” terang Dede.

Dalam rapat juga terungkap, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemkot Parepare telah menganggarkan senilai Rp23 miliar untuk mengakomodir PBI APBD.

Dinkes pun yakin anggaran itu dapat tepat sasaran dengan penambahan kurang lebih 11.535 warga ditambah estimasi 2.800 bayi yang akan lahir tahun ini. (*)

Akbar sulapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Minasatene Patroli Bersama dengan Koramil Minasatene Cegah Covid-19

Sab Apr 4 , 2020
PANGKEP, SULAPA. COM – Patroli Bersama TNI/Polri akan selalu digalakkan di wilayah Kecamatan Minasatene dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), meski di wilayah Kecamatan Minasatene masih belum termasuk dalam zona merah Covid-19 atau penyebaran virus corona tersebut, petugas Koramil Minasatene Pelda Gassing bersama Anggota Polsek Minasaten dibawah Pimpinan Kapolsek Minasatene Iptu Abd Halim SH terus berupaya melakukan patroli […]

PILIHAN PEMBACA

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengikuti web seminar (webinar) kesehatan yang digelar PKK Provinsi Sulsel. Webinar bertemakan Revitalisasi Posyandu di Masa Pandemi Covid 19 melalui Pergerakan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Sehat 2025 ini digelar menggunakan video konferensi, Jumat, (10/07/20). “Melalui revitalisasi posyandu menjadikan posyandu dan para kader sebagai ujung tombak penanganan […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan tampil memukau dalam talkshow atau obrolan yang digelar Tellu Paccarita (TP), sebuah acara berbasis kearifan lokal yang diinisiasi seniman Parepare. Dalam talkshow yang dipandu tiga pembicara (Tellu Paccarita), Erna Rasyid Taufan diberi amanah mengulas Kiat-kiat Membumikan Alquran, Rabu, (8/7/2020), kemarin. Mantan presenter TVRI ini pun berhasil menjadi […]

  • Interaktif, Hadirkan Juara Tahfidz Internasional PAREPARE, SULAPA. COM – Jadwal dirumahbelajarkan bagi siswa yang masih diperpanjang, mendorong Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menggagas program web seminar (webinar) dengan menghadirkan siswa, orangtua dan guru.  Menggandeng organisasi yang dibina Majelis Anak Sholeh (MAS), kegiatan webinar sukses digelar dengan dihadiri kurang lebih 500 partisipan yang terdiri dari kalangan siswa tingkat […]

  • PANGKEP, SULAPA. COM– Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji S.I.K melaksanakan kunjungan silaturahmi di Rumah Tokoh Masyarakat Nasrullah Salam, SH di Kp. Taraweang Desa Kabba Kec. Minasatene Kab. Pangkep.Kamis (09/07/20). Kegiatan silaturahmi Kapolres Pangkep ini didampingi oleh Kapolsek Minasatene Iptu Abd Halim. SH, Bhabinkamtibmas Aipda Muh. Amir dan Personil Polsek Minasatene, dan juga di hadiri oleh KH. Drs. Muh. Ramli Mas’ud […]

  • PANGKEP, SULAPA. COM – Dalam rangka mewujudkan Keamanan Masyarakat yang aman sehat dan tertib serta melaksanakan instruksi dari Pimpinan tentang tatanan era new normal Covid 19, Bripka Muhammading selaku Ka Jaga Polsek melaksanakan Patroli dipemukiman guna mencegah terjadinya suatu tindak kriminalitas. Patroli tersebut sekaligus melaksanakan himbauan tentang memasuki massa tatanan New Normal tatanan Kehidupan baru terhadap masyarakat yang ditemui. ketika […]

× Iklan, Saran dan Kritik Hubungi Kami