oleh

50 Siswa MAN 2 Parepare Lolos Jalur SNMPTN Dan SPAN 2020

PAREPARE, SULAPA. COM – Ditengah situasi yang tidak menentu akibat pandemi Coronavirus Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, lain halnya dengan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Parepare memberikan kabar gembira setelah pihak perguruan tinggi negeri (PTN) mengeluarkan pengumuman hasil seleksi, Kamis – Jumat (9-10/4).

Sebanyak 50 siswa MAN 2 berhasil bebas tes pada jalur Seleksi Nasional Masuk Pertinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) serta Jalur Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPAN-Politeknik) tahun 2020 ini.

Jalur tersebut merupakan jalur alternatif bebas tes masuk perguruan tinggi negeri, hal ini banyak siswa kelas XII yang berkompetisi untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Pada ketiga jalur tersebut, pemerintah memberikan peluang kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik serta jejak rekam prestasi yang pernah diraih. Prestasi akademik yang didasarkan pada nilai semester 1 sampai semester 5 kelas X s/d kelas XII saat berada di SMA/SMK/MA.

Untuk tahun akademik 2019/2020, siswa MAN 2 Kota Parepare berhasil lulus bebas tes sebanyak 14 orang melalui jalur SNMPTN, dan 41 siswa diterima melalui jalur SPAN-PTKIN dan 1 orang di jalur SMPAN-Politeknik Makassar serta beberapa perguruan tinggi favorit yang ada di Sulawesi maupun di luar Sulawsei, seperti Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Universitas BorneoTarakan, Universitas Syiah Kuala Aceh.

Dari jumlah kelulusan tersebut ada 6 orang siswa yang diterima lebih dari satu jalur, sehingga total siswa yang lulus diterima adalah 50 orang siswa dari dua jurusan Matematika Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) MAN 2 Kota Parepare.
Dari hasil seleksi bebas tes masuk perguruan tinggi ini, diharapkan kepada semua siswa agar mempersiapkan diri dengan menyiapkan dokumen pendukung untuk mendaftar ulang dan tahap-tahap proses pendaftaran ulang sebagai calon mahasiswa baru pada pergurun tinggi yang telah dipilihnya.

Kepala MAN 2 Hj. Martina, menyampaikan selamat dan sukses kepada siswa yang telah berhasil dan akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri pilihannya sendiri.

“Kepada para siswa yang lulus saya ucapkan selamat dan sukses dan berpesan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan semangat belajar sehingga dapat tetap meraih prestasi dan cita-citanya yang dapat membanggakan keluarga maupun almamater”, ucap Hj. Martina

Lebih lanjut Kamad MAN 2 menyatakan, “Keberhasilan para siswa tersebut adalah berkat bimbingan dan arahan para bapak/ibu guru yang tidak mengenal lelah membina siswa, untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih dan berharap semoga keberhasilan tersebut dapat terus dikembangkan”, tambahnya saat dikonfirmasi via Whatsapp

Salah seorang orang tua siswa sekaligus guru di madrasah ini adalah Dra, Sitti Hamidah, MPd. berserta putranya Izzul Faiz Ammas (Kelas XII MIA 1) yang lulus masuk di Universitas Hasanuddin (jurusan Kedokteran Gigi) menyampaikan via WhatsApp Grup dengan rasa gembira.

“Saya sangat senang dan bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada segenap sesama guru, pembina, pihak sekolah yang telah membimbing para siswa termasuk anak saya sehingga dapat meraih kesuksesan, semoga jerih payah ini dapat menjadi amal jariyah kelak“, Tutur Hamidah sapaan akrabnya, yang sekaligus sebagai guru Bidang studi Fisika di MAN 2 Kota Parepare.

Laporan: Humas MAN 2 Ummatang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed