oleh

Opini : Parepare Tembus 33 Positif Covid, Kebijakan PSBB Kota Parepare Mungkinkah Sudah Waktunya ??

Ancaman infeksi wabah Corona di Kota Parepare terus meluas. Awal pekan minggu ketiga Mei Senin hari ini, angkanya melejit ke posisi 33 orang positif Covid-19 hasil Swab.

Ini artinya Parepare menjadi salah satu daerah dengan jumlah kasus positif Covid tertinggi setelah Makassar. Angka yang sungguh menghawatirkan di tengah situasi kebijakan penanganan Covid yg membingungkan dari pemerintah pusat.

Tren ini diperkirakan akan terus meningkat pasca lebaran Idul Fitri pekan depan. Rumah sakit akan dipenuhi ledakan jumlah kasus baru di tengah daya tampung rumah sakit di Kota Parepare yg terbatas.

Kebijakan PSBB untuk Kota Parepare mungkin sudah waktunya dipertimbangkan oleh pemerintah daerah utk diusulkan ke pemerintah pusat. Namun, belajar dari daerah lain, kebijakan ini tdk efektif.

Persoalan ekonomi dan tidak solidnya dukungan kebijakan dari pemerintah pusat serta lintas kementerian menjadi masalah utama. Di lain sisi, pemerintah tdk punya solusi selain PSBB.

Kebijakan karantina wilayah atau lockdown, dengan berbagai alasan terus dihindari oleh pemerintah. Padahal, di banyak negara lockdown terbukti berhasil menekan angka infeksi Covid.

Tanpa lockdown maka yg berlaku adalah Herd Immunity. Dalam situasi seperti itu, yg akan bertahan bukan hanya yg kuat imun tubuhnya, tapi juga siapa yg menggunakan kecerdasannya.

Cerdaslah. Buat prioritas dalam menjalani kehidupan di tengah pandemik seperti saat ini. Kalau hanya untuk baju baru kita menerobos protokol kesehatan, sungguh memprihatinkan.

Tanpa lockdown dan tanpa imunisasi, maka kini anda bertarung sendiri menghadapi situasi ini.Sekali lagi kini Anda bertarung sendiri. Maka cerdaslah. Gunakan kebijaksanaanmu.

Penulis : Laode Arwah Rahman Dosen FUAD IAIN Parepare

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed