Hilal Terlihat Di Makassar, 4 Derajat Di Bawah Ufuk

MAKASSAR, SULAPA. COM – Jelang pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1441 H bagi Umat Islam di seluruh dunia kali ini merayakannya dengan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Agama RI menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1441 H sebagai waktu pelaksanaan Idulfitri yang digelar sore kemarin, Jumat, (22/5) di Kemenag RI Pusat Jakarta.

Namun sebelum sidang Isbat berlangsung, sebanyak 80 titik lokasi Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia terlebih dahulu melaksanakan rukyatul hilal di daerahnya masing-masing. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Selatan yang lokasi pemantauannya dipusatkan di Rooftop Mall GTC Tanjung Bungan Makassar, meski dengan peserta yang terbatas, dan seremoni acaranya dilakukan secara daring/virtual melalui aplikasi zoom.

Hal tersebut diutarakan oleh Kabid Urais Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, Muhammad Nasir kepada humas di Aula Lantai 2 kanwil Kemenag Sulsel jalan Nuri No.53 saat mendampingi Kakanwil Kemenag Sulsel, H Anwar Abubakar, mengikuti live Rukyatul Hilal (Pemantauan Hilal) via daring bersama sejumlah Media Elektronik (Stasiun Televisi Swasta) yang juga hendak melaksanakan peliputan live.

H Anwar Abubakar menyebut jika kegiatan Rukyatul Hilal itu tetap dilakukan tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan lantaran masih adanya pandemi Covid-19. Termasuk pembatasan jumlah peserta yang ikut.

“Seluruh peserta akan dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, dan tentu saja tetap dengan physical distancing, termasuk alat yang digunakan wajib dibersihkan dengan disinfektan dan para petugas juga harus memakai hand sanitizer,” ujar Kanwil Kemenag Sulsel.

Kegiatan Rukyatul Hilal di Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar, tampak menghadiri diantaranya Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel, Kabid Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sulsel Muhammad Nasir, Kasi Urusan Agama Islam dan Hisab Rukyat Muh Nur Hasyim, Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan.

Untuk situasi Hilal di Kota Makassar Sulsel, hasil pemantauan Tim BHR di Mall GTC menemukan Posisi Hilal di Makassar masih berada dibawah ufuk, tepatnya 4 derajat dibawah ufuk, Pihak BMKG memperkirakan besok (Sabtu, 23 Mei 2020) Posisi Hilal baru bisa naik ke posisi diatas 6 derajat.

“Sehingga, menurut kakanwil Kemenag Sulsel, hasil pemantauan di Makassar Sulsel ini dikirim ke Kemenag Pusat dan kita tinggal tunggu keputusan resminya dengan menunggu hasil sidang isbath di Kemenag Pusat malam ini,” pungkasnya.

“Kami berharap, di tengah Pendemi Covid-19 saat ini, tidak mengurangi keberkahan dan kesakralan Hari Raya Idul Fitri, dan kita semua bisa kembali ke situasi Fitri (suci) lahir bathin, dan Atas nama Pribadi dan Kementerian Agama Sulsel, kami sekaligus ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, tetap jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar kita, semoga situasi ini segera berakhir”, Harap Anwar Abubakar.

Tinggalkan Balasan