oleh

Info Sehat : Ragam Penyakit Menyerang Setelah Lebaran

Momen lebaran identik dengan beraneka ragam sajian khas hari raya. Banyaknya menu saat lebaran, kerap kali membuat kita lepas kontrol ingin menyantap semua hidangan yang ada didepan mata. Akhirnya menimbulkan masalah pada kesehatan.

Berikut beberapa penyakit yang kerap muncul setalah momen lebaran yang perlu kamu waspadai :

Penyakit diare, merupakan kondisi dimana kamu mengalami buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari dengan feses yang lunak atau cair. Munculnya diare disebabkan banyak faktor, mulai dari konsumsi makanan yang kurang bersih, makanan pedas, asam, berminyak, dan juga minuman bersoda.

Selanjutnya tekanan darah tinggi atau hipertensi atau peningkatan tekanan darah diatas batas normal. Salah satu faktornya karena mengkonsumsi garam secara berlebihan.

Maag atau gangguan pada lambung muncul disebabkan makanan pedas, asam, dan mengandung gas. Ditambah lagi dengan kesibukan saat lebaran, sehingga waktu makan kamu menjadi tidak teratur.

Hiperkolesterolemia merupakan kondisi tingginya kadar kolesterol darah, sedangkan hiperglikemia adalah kondisi tingginya kadar gula darah. Menu bersantan, manis, berminyak, dan makanan yang digoreng menjadi pemicu munculnya penyakit ini.

Selain itu, infeksi saluran pernapasan atas (ispa) juga dapat menyerang kamu setelah lebaran. Biasanya ispa disebabkan oleh infeksi virus, yang menyerang apabila daya tahan tubuh sedang melemah, kelelahan, pola hidup tidak bersih ataupun kurang tidur. Karena penularannya sangat cepat kalian menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

So tetap jaga kesehatan, makan makanan sehat, istirahat teratur dan jalankan pola hidup sehat sesuai dengan prosedur.

sumber : Humas infokom RSUD Andi Makkasau

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed