oleh

Ketua Komisi II Apresiasi Inovasi Petani Sudirman


PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Komisi II DPRD Kamaluddin Kadir turun langsung Meninjau ke tempat Sudarmin. Ia menyampaikan apresiasi atas inovasi yang ditemukan. Terlebih kata dia, berkaitan dengan pangan yang menjadi kebutuhan primer warga.

“Inovasi ini untuk menjaga ketahanan pangan. Dimulai dari rumah kita sendiri. Artinya ini diversifikasi pangan. Bukan menggantikan beras tetapi merubah pola konsumsi pangan kita menjadi lebih beraneka ragam,” ujar dia, Senin (08/06/20).

Kamaluddin meninjau inovasi itu bersama jajaran dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare. Dinas PKP merupakan mitra kerja dari Komisi II DPRD.

“Ini harus menjadi perhatian pemkot. Saya mengajak Dinas PKP untuk memberi pendampingan kepada petani itu. Agar temuannya dapat difasilitasi bantuan. Dan pendampingan pemasaran. Inovasi ini mesti ditingkatkan,” ujarnya

Legislator Gerindra itu berharap agar inovasi itu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama untuk ketahanan pangan warga Parepare. Kamal berharap ini menjadi motivasi bagi petani lainnya agar terus berinovasi.

“Semoga yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi petani yang lain dalam meningkatkan hasil pertanian di Parepare atau bahkan daerah lain. Kita ingin petani berinovasi terus. Tentunya dengan bahan baku yang alami,” pungkas dia.

Petani asal Parepare Sudarmin Husain Kobo berhasil melakukan inovasi ‘booster’ tanaman yang mampu meningkatkan hasil panen padi. Inovasi itu diberi nama bio organik.

Ia membeberkan bahan baku dari inovasinya itu. Yakni 3 liter air kelapa, 2 liter air cucian beras pertama, 200 cc BioBoost. 1 Liter susu basi atau probiotik, 14 liter air tepas kelapa dan gula merah 1/2 kilogram.

Sumber Tegas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed