Minimalisir KDRT, Ketua PKK Parepare Launching Puspaga PeduliTa

PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan melaunching Pusat Pembelajaran Keluarga Parepare dan Layanan Konseling Keluarga Terintegrasi (Puspaga Peduli Ta’), Kamis, (23/07/20). 

Launching yang dilakukan secara virtual ini dihadiri 30 orang peserta dengan menghadirkan narasumber seorang konselor psikologi, Emilia Mustar.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan mengatakan, dengan adanya Puspaga Peduli ta’ ini menjadi wadah atau fasilitas layanan publik bagi setiap keluarga. 

Di samping itu kata dia, pembentukan tersebut juga dilatarbelakangi tingginya kasus kekerasan perempuan dan anak. Kendati demikian, ia berharap segala sesuatu itu didasari dengan keagamaan.

“Sudah banyak yang sebetulnya seperti ini, tapi saya ingin di Parepare yang menjadi dasar kita bergerak harus dengan Al Quran. Jadi di sini kita harus melibatkan Kementerian Agama. Saya berharap dari Kementerian Agama bisa bergabung dengan layanan ini,” harap Erna.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Parepare, Rostina menuturkan upaya peningkatan ketahanan keluarga menjadi penting untuk dilaksanakan dalam rangka mengurangi atau mengatasi berbagai masalah yang menghambat pembangunan nasional.

“Ketahanan keluarga dapat terbangun apabila keluarga mampu untuk mengembangkan dirinya untuk hidup secara harmonis, sejahtera dan bahagia, lahir dan batin, serta mampu mengolah sumber daya dan masalah untuk mencapai kesejahteraan. Juga merangkul dan melindungi keluarga dari berbagai permasalahan atau ancaman kehidupan yang datang dari keluarga sendiri maupun dari luar lingkungan,” jelas Hj Rostina.

Hadirnya layanan Puspaga PeduliTa’ yang dilaunching lewat virtual ini menjadikan masyarakat Kota Parepare memiliki wadah pembelajaran keluarga yang terintegrasi, juga sebagai ruang bagi masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembelajaran terkait  mengasah-asih-dan mengasuh anak secara tepat, sehingga mampu menjaga ketahanan keluarga.

Kepala Bidang Kesetaraan Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Parepare, Sriyanti Ambar menjelaskan, Puspaga Peduli Ta’ hadir sebagai promotif preventif untuk peningkatan kualitas ketahanan keluarga dengan menyediakan beberapa devisi layanan untuk keluarga.

“Di sini kita menyediakan beberapa layanan konseling untuk keluarga, yaitu terkait devisi pembinaan agama yang nantinya akan kolaborasi dengan Kemenag serta penyuluh-penyuluh agama yang ada di Kota Parepare,” urainya.

Ada devisi pembinaan sosial budaya dan ekonomi lanjut dia, dengan melibatkan PKK dengan organisasi lain, seperti Dinas Sosial dan lain-lain.

“Devisi Bidang Kesehatan kita juga akan bekerjasama dengan layanan kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas begitu pun dari PKK. Devisi penegakan hukum dan pengamanan, kita libatkan dari Polres dan Satpol PP, kemudian ada devisi pemberdayaan masyarakat, nah ini kami melibatkan kader-kader kesehatan, forum kota sehat, dan beberapa masyarakat dan tokoh agama,” urai Sriyanti Ambar.

Untuk layanan Puspaga ini tambah dia, akan dibuka secara tatap muka dan secara virtual. Untuk tatap muka sendiri, masyarakat dapat datang langsung ke Balai Ainun, namun sebelumnya melakukan namun sebelumnya melakukan perjanjian. 

“Sebelumnya masyarakat harus lakukan perjanjian dulu untuk mengisi registrasi dan informasinya kami akan sampaikan. Kami juga nantinya akan menyediakan nomor layanan konseling untuk berkonsultasi terkait layanan apa saja. Tidak hanya itu, kata dia, kita juga akan membagi shift dan nama-nama yang bertugas untuk pelayanan konseling di puspaga pedulita’ ini,”terangnya.

Akbar sulapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peringatan Hari Anak Nasional di Saat Pandemi, Erna Rasyid Taufan Ajak Anak-anak Tetap Bergembira

Kam Jul 23 , 2020
PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua Tim Penggerak PKK yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan ucapan selamat kepada anak-anak Indonesia, khususnya anak-anak Parepare atas peringatan Hari Anak Nasional yang diperingati hari ini, Kamis, (23/07/20). Erna menilai peringatan Hari Anak Nasional tahun ini sangat berbeda lantaran adanya pandemi.  Di setiap kesempatan, Erna Rasyid […]

PILIHAN PEMBACA

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua ormas laskar merah putih Parepare H. Syamsul latanro untuk pelaksanaan Qurban tahun ini kembali menyerahkan 3 ekor sapi Qurban kepada masyarakat. Salahsatu pengurus yang juga komandan Densus laskar merah putih parepare Sappe dihubungi mengatakan pembagian hewan Qurban tersebut merupakan program rutin yang dilakukan HSyamsul latanro disetiap pelaksanaan Idul Qurban. “Beliau adalah tokoh masyarakat yang kami […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Prodi Akuntansi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyabet juara 2 dalam kegiatan Debat Nasional HIMARA Celebration 2020 yang diselenggarakan HIMARA STISIP Muhammadiyah Sinjai (30/07/20) Adapun mahasiswa yang mengikuti ini terdiri atas 3 orang yang tergabung dalam satu tim yang berasal dari prodi Akuntansi Syariah yakni Jainuddin Has, Nurkhaleeda dan Dian Resky yang menyabet Juara […]

  • JAKARTA, SULAPA. COM – PLN telah menyiapkan mekanisme pemberian stimulus Tarif Tenaga Listrik (TTL) dari pemerintah berupa pembebasan rekening mininum bagi pelanggan Sosial, Bisnis, dan Industri dengan daya dimulai dari 1300 VA ke atas. Apabila pemakaian pelanggan di bawah kWh minimum, maka pelanggan cukup membayar sesuai pemakaian kWh nya. Selain itu, stimulus ini juga diberikan bagi pelanggan Sosial daya 220 […]

  • PAREPARE SULAPA. COM — Pemerintah Kota Parepare berkomitmen mempercepat penanganan stunting di Parepare. Melalui kolaborasi antar SKPD diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi stunting. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan stunting di ruang rapat Bappeda Kota Parepare, Rabu, (29/07/20). Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang mewakili Kepala Bappeda mengatakan, rapat ini merupakan tindak […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM — Pembahasan teknis persiapan operasional Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Kota Parepare antara Kemendikbud RI dan Pemkot Parepare juga sudah sampai pada pembukaan program studi atau Prodi. Kesepakatan Kemendikbud dengan Pemkot Parepare bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) adalah pada tahap awal 3 Prodi yang dibuka di ITH. Yaitu Prodi Matematika, Prodi Ilmu Komputer/Informatika, dan Prodi Sistem Informatika. Sekda […]

× Iklan, Saran dan Kritik Hubungi Kami