Persiapan Operasional ITH, Kemendikbud-Pemkot Parepare Bahas Teknis Serah Terima Aset dan SDM

PAREPARE, SULAPA. COM — Progres pendirian Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) di Kota Parepare terus menunjukkan kemajuan.

Tahapan saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Pemerintah Kota Parepare menseriusi proses serah terima aset dan SDM untuk persiapan operasional ITH di Parepare

Kemendikbud sudah membentuk Tim Visitasi untuk proses serah terima aset, penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset dan Berita Acara Serah Terima SDM.

Proses serah terima aset ini dibahas teknis antara Kemendikbud dan Pemkot Parepare dalam Focus Group Discussion (FGD) secara virtual, Selasa, (28/07/20)

Pada FGD itu Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad yang mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menyampaikan secara detail lengkap dengan gambar dan data teknis terkait 4 jenis aset daerah yang rencananya akan dihibahkan ke ITH melalui Kemendikbud.

Empat jenis aset dimaksud adalah tanah Gedung Pemuda, tanah kantor pemerintah eks BKPSDMD Kota Parepare, lahan ITH di Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, dan aset tetap lainnya.

Gedung eks BKPSDMD direncanakan menjadi Kampus I ITH, Gedung Pemuda Kampus II, dan Lemoe Kampus III.

Iwan Asaad dalam pemaparannya, menjelaskan setiap rencana peruntukan ruangan di gedung eks BKPSDMD seperti ruang rektor, wakil rektor, kepala biro, ruang sekretaris rektor, ruang pertemuan dosen, ruang pelayanan administrasi, ruang ketua prodi, ruang dekan, 3 ruang dosen, aula, laboratorium komputer, ruang perpustakaan.

Kemudian ada 3 ruang kuliah lengkap perlengkapan kuliah, ruang seminar dan ruang staf teknisi.

Selain Iwan memaparkan lewat video conference (Vidcon), juga disiarkan langsung atau secara live semua kesiapan aset yang akan diserahkan termasuk di gedung eks BKPSDMD, Gedung Pemuda dan lahan Kampus III ITH di Lemoe.

Pada kesempatan ini pula dibahas secara teknis, draf Berita Acara Serah Terima (BAST) aset dan BAST SDM. “Berita Acara Serah Terima Aset dan Berita Acara Serah Terima SDM akan ditandatangani oleh Wali Kota Parepare selaku pihak pertama dan Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI,” ungkap Iwan Asaad.

Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda secara teknis, menjelaskan bahwa Pemkot Parepare menyiapkan 3 lokasi dengan total luas 32,2 hektare masing-masing gedung eks BKPSDMD, Gedung Pemuda, dan lahan di Lemoe untuk Kampus ITH.

“Semua tanah itu sudah ada sertifikatnya, termasuk lahan ITH di Lemoe yang mempunyai 5 sertifikat,” terang Zulkarnaen.

Selain tanah, kata Zulkarnaen, Pemkot Parepare juga akan menghibahkan inventaris berupa peralatan dan mesin, yang terdiri dari alat alat kantor dan rumah tangga, termasuk perlengkapan komputer dan meja.

Sementara aset gedung dan bangunan yang akan dihibahkan terdiri dari Gedung Pemuda seluas 2.330 m2 dan gedung eks BKPSDMD/DPRD Parepare seluas 2.476 m2.

“Sedangkan aset tetap lainnya yang akan dihibahkan adalah aset dalam bentuk buku perpustakaan dengan jumlah 1.057 eksemplar atau 600 judul sesuai kebutuhan rencana Prodi,” kata Zulkarnaen.

Tim Kemendikbud yang terdiri dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, Direktur Kelembagaan, Ridwan, dan 35 anggota tim lainnya mengapresiasi keseriusan dan kesiapan Pemkot Parepare dalam percepatan operasional ITH. Bahkan Tim Kemendikbud oleh Dirjen Dikti dan Direktur Kelembagaan sudah menyampaikan rencana penerimaan mahasiswa baru ITH pada 2021. (*)

Akbar sulapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cegah dan Tanggulangi Stunting, Pemkot Parepare Bentuk Tim Gugus 1000 HPK

Kam Jul 30 , 2020
PAREPARE, SULAPA. COM — Pemerintah Kota Parepare menunjukkan keseriusannya untuk menangani masalah stunting. Pemkot Parepare siap membangun komitmen bersama para stakeholder yang terkoordinasi, terpadu dan terintegrasi dalam suatu wadah untuk mencegah dan menanggulangi masalah stunting dengan fokus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Salah satu yang akan dibentuk adalah Tim Gugus 1000 HPK. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi […]

PILIHAN PEMBACA

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Ketua ormas laskar merah putih Parepare H. Syamsul latanro untuk pelaksanaan Qurban tahun ini kembali menyerahkan 3 ekor sapi Qurban kepada masyarakat. Salahsatu pengurus yang juga komandan Densus laskar merah putih parepare Sappe dihubungi mengatakan pembagian hewan Qurban tersebut merupakan program rutin yang dilakukan HSyamsul latanro disetiap pelaksanaan Idul Qurban. “Beliau adalah tokoh masyarakat yang kami […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM – Prodi Akuntansi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyabet juara 2 dalam kegiatan Debat Nasional HIMARA Celebration 2020 yang diselenggarakan HIMARA STISIP Muhammadiyah Sinjai (30/07/20) Adapun mahasiswa yang mengikuti ini terdiri atas 3 orang yang tergabung dalam satu tim yang berasal dari prodi Akuntansi Syariah yakni Jainuddin Has, Nurkhaleeda dan Dian Resky yang menyabet Juara […]

  • JAKARTA, SULAPA. COM – PLN telah menyiapkan mekanisme pemberian stimulus Tarif Tenaga Listrik (TTL) dari pemerintah berupa pembebasan rekening mininum bagi pelanggan Sosial, Bisnis, dan Industri dengan daya dimulai dari 1300 VA ke atas. Apabila pemakaian pelanggan di bawah kWh minimum, maka pelanggan cukup membayar sesuai pemakaian kWh nya. Selain itu, stimulus ini juga diberikan bagi pelanggan Sosial daya 220 […]

  • PAREPARE SULAPA. COM — Pemerintah Kota Parepare berkomitmen mempercepat penanganan stunting di Parepare. Melalui kolaborasi antar SKPD diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi stunting. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan stunting di ruang rapat Bappeda Kota Parepare, Rabu, (29/07/20). Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang mewakili Kepala Bappeda mengatakan, rapat ini merupakan tindak […]

  • PAREPARE, SULAPA. COM — Pembahasan teknis persiapan operasional Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Kota Parepare antara Kemendikbud RI dan Pemkot Parepare juga sudah sampai pada pembukaan program studi atau Prodi. Kesepakatan Kemendikbud dengan Pemkot Parepare bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) adalah pada tahap awal 3 Prodi yang dibuka di ITH. Yaitu Prodi Matematika, Prodi Ilmu Komputer/Informatika, dan Prodi Sistem Informatika. Sekda […]

× Iklan, Saran dan Kritik Hubungi Kami