oleh

Dosen Fatima Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat Cegah Hipertensi

Martina Malla, S.Kep, Ns.,M.M.
Dosen Keperawatan Dasar /
Kepala Bagian Kurikulum dan Akademik

PAREPARE, SULAPA. COM – Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal, dimana tekanan systole > 130 mmHg dan tekakan diastole > 90 mmHg. Hal tersebut di uraikan Dosen Akper Fatima Parepare Martina Malla, S.Kep, Ns.,M.M. pada Dialog kesehatan Radio Mesra Parepare Selasa, (25/08/20)

Lanjut Martina, Hipertensi ada dua yakni Hipertensi primer atau esensial. Hipertensi Primer artinya hipertensi yang belum diketahui penyebab dengan jelas. Berbagai faktor diduga turut berperan sebagai penyebab hipertensi primer, seperti bertambahnya usia, stres psikologis, pola konsumsi yang tidak sehat, dan hereditas (keturunan).

“Hipertensi sekunder yang penyebabnya sudah diketahui, umumnya berupa penyakit atau kerusakan organ yang berhubungan dengan cairan tubuh, misalnya pemakaian hormone kontrasepsi, terganggunya keseimbangan cairan yang disebabkan oleh penyakit ginjal, penyakit endokrin, dan penyakit jantung, dan kehamilan.” Kata Martina.

Ia juga mengurai Faktor-faktor resiko hipertensi yang ada dapat dikontrol seperti Pada umumnya berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan, Kegemukan (obesitas), Kurang olahraga, Konsumsi garam berlebihan Sebagian masyarakat kita sering menghubungkan antara konsumsi garam berlebihan, Merokok dan mengonsumsi, alkohol Nikotin, Stres.

“Faktor yang tidak dapat dikontrol, Keturunan, (Genetika), Jenis kelamin, Umur dengan Tanda dan Gejala semisal Sakit kepala, pusing, dan tegang pada tengkuk, Mual, muntah. Palpitasi (berdebar-debar), Penglihatan kabur, Muka merah, Gelisah,, cemas, Epitaksis (Mimisan), Rasa berdenging di telinga.” Urai Dosen Keperawatan Dasar

Ia melanjutkan, Komplikasi hipertensi juga bisa menyebabkan Stroke, Penyakit jantung (gagal jantung), Gagal ginjal. Retinopati (kebutaan). Karenanya ia menganjurkan untuk menerapkan Pola hidup sehat dimana gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku sehari-hari.

“Tujuan atau Manfaat Pola Hidup Sehat tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tidak mudah sakit. dan selain itu pola hidup sehat juga bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani agar dapat selalu terjaga supaya memiliki kesehatan mental yang stabil sehingga tidak mudah depresi ataupun stress.” Terangnya.

Kepala Bagian Kurikulum dan Akademik Akper Fatima ini menambahkan Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat untuk mencegah Hypertensi diantaranya Diet sesuai DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), Mengontrol berat badan. Diet rendah garam yang tidak ketat, Hindari alkohol dan produk olahan/derivatnya, Stop merokok dan hindari terpapar asap rokok. Manajemeni stres dan berpola hidup sehat serta seimbang, Terapi cognitive-behavioural pada individu akan lebih efektif bila dipergunakan teknik relaksasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed