oleh

“Salamaki”, Inovasi Konsultasi Pasien Tanpa Ke Rumah Sakit

PAREPARE, SULAPA. COM – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau telah melakukan uji coba aplikasi layanan konsultasi virtual yang diberi nama salamaki. Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan aplikasi Telemedicine “Salamaki” Sehat Dalam Genggaman Kita. Nama aplikasi yang berasal dari bahasa daerah Bugis yang berarti pengharapan ‘semoga selamat’. Selain itu, pemilihan kata atau diksi pada penamaan aplikasi ‘Salamaki’ juga merupakan akronim ‘Sehat Dalam Genggaman Kita’. Selasa (01/09/20).

“Manajemen rumah sakit umum daerah Andi Makkasau telah melakukan uji coba aplikasi layanan konsultasi virtual yang diberi nama salamaki singkatan dari sehat dalam genggaman kita. inovasi ini dihadirkan di tengah pandemi covid 19 diharapkan dapat memberi kemudahan kepada pasien untuk memperoleh pengobatan tanpa harus antri dan datang ke rumah sakit sehingga dapat meminimalisir kontak fisik.” Jelas dr. Renny.

Lanjut dr. Renny, walaupun tidak semua penyakit dapat dilayani secara online terobosan ini mengikuti himbauan presiden Jokowi terkait dengan Dilat atau digital melayani secara spesifik di rumah sakit dalam bentuk layanan konsultasi online yang disebut telemedicine. Rencananya layanan ini akan dilaunching minggu depan.

“Aplikasinya telah tersedia di play store untuk Android dan dapat didownload pasien dapat mengakses layanan ini dengan gratis cukup dengan mengupload KTP dan KK Parepare ke depan rencananya layanan ini diintegrasikan dengan BPJS sehingga seluruh pasien BPJS dapat menggunakan layanan ini layanan konsultasi secara online sehingga dapat tercipta kemudahan dalam memperoleh pengobatan.” Jelas Renny

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed