oleh

Pemprov Sulsel Gelontorkan Dana 200 M Lanjutan Proyek Kereta Api Makassar-Parepare

PAREPARE, SULAPA. COM – Kabar terkait pembangunan proyek kereta api yang menjadi pertanyaan terkait kelanjutan oleh pendengar obras di jawab wakil ketua DPRD kota Parepare M. Rahmat Sjamsu Alam. Menurut Politisi Senior Demokrat tersebut dirinya mendapatkan informasi dari Anggota DPRD sulsel ada dana kurang lebih 200 Milyar di siapkan untuk kelanjutan pembangunan proyek tersebut Rabu (10/02/21).

“Tentang rel kereta api dalam perubahan RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan itu sudah ada anggaran kurang lebih 200 miliar memang untuk persiapan kelanjutan jalur kereta api barru pare sekitar 20 kilo. ini terus berlanjut karena sudah ada perubahan di RPJMD sulsel berdasarkan hasil. Pertemuan anggota DPRD sulsel sekedar ini tapi berlanjut secara bertahap.” kata Rahmat.

Dilansir dari laman industry.co.id (14/01/21) menjelaskan Pembangunan jalur KA Makassar-Parepare ini di klaim memiliki peran penting bagi perekonomian nasional. Hal ini didasari oleh beberapa faktor. Pertama, proyek ini mampu memberikan peningkatan produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp2,51 triliun, dengan internal rate of return (IRR) sebesar 22,98% bagi perekonomian di Sulawesi Selatan.

Kedua, proyek ini diperkirakan akan memberdayakan 6.164 tenaga kerja. Ketiga, dengan dibangunnya jalur kereta api Makassar-Parepare, maka waktu tempuh antarkedua kota dapat dipersingkat hingga dua kali lipat, dari 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Keempat, kereta api ini memiliki potensi angkutan yang besar, baik angkutan penumpang maupun barang. Kelima, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang beroperasi di sejumlah stasiun yang diharapkan dapat memperoleh dampak positif.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed