oleh

Pemkot Parepare Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2022

PAREPARE, SULAPA. COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Senin, (15/02/21).

Konsultasi publik dibuka Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. Hadir Sekda Kota Parepare H Iwan Asaad, para Asisten, Kepala SKPD, Kabag, Camat, dan Lurah lingkup Pemkot Parepare.

Pangerang Rahim yang membacakan sambutan Wali Kota mengemukakan, pelaksanaan konsultasi publik dan pembahasan rancangan RKPD betul-betul harus sesuai kesepakatan bersama dari berbagai pihak. Serta hasil rancangannya disesuaikan dengan visi dan misi Kota Parepare.

Pangerang menekankan, paradigma perencanaan pembangunan dan penganggaran di Parepare perlu terus ditingkatkan. Karena tuntutan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan publik secara transparan dan memenuhi prinsip akuntabilitas publik. Sehingga nantinya hasil perencanaan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Perencanaan pembangunan yang baik, tentunya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM, dan layanan publik,” kata Pangerang.

Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dalam laporannya memaparkan tentang Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta tata cara perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, dibahas berdasarkan undang-undang yang telah diatur.

“Pasal 80 ayat (1) mengamanahkan bahwa, rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah, dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk menampung aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran, dan program pembangunan daerah, guna penyempurnaan awal RKPD,” terang Samsuddin. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed