oleh

Didukung Alkes Yang Lengkap, RSAM Dijadikan Sebagai RS Rujukan Utara Sulsel

PAREPARE, SULAPA.COM – Pemerintah Kota Parepare semakin memantapkan RSUD Andi Makkasau sebagai rumah sakit rujukan dibagian Utara Provinsi Sulawesi Selatan.

Peningkatan pelayanan, termasuk ketersediaan alat kesehatan (alkes) mutakhir semakin genjot diperhatikan, sehingga masyarakat tak perlu jauh-jauh berobat ke Ibukota provinsi.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengungkapkan beberapa alkes modern yang sudah dioperasionalkan di RSUD Andi Makkasau.

Pertama, Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan alat diagnose yang memanfaatkan medan magnet untuk pemeriksaan gambar struktur dan jaringan tubuh untuk penentuan Tindakan pengobatan.

Kedua, Mammografi merupakan alat diagnose dan pemeriksaan jaringan payudara, tumor dan kista pada perempuan.

Ketiga, Digital Radiografi X-Ray merupakan alat pemeriksanaan X-Ray atau Rontgen untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh yang memudahkan pemeriksaan penunjang penegakan diagnose yang lebih akurat.

Keempat, Cath Lab merupakan alat untuk mendiagnosis tindakan kardiologi dan pembuluh daerah dengan menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah secara detail, misalnya jantung untuk melihat sumbatan, pemyempitan, ataupun pelebaran pembuluh darah.

Kelima, Endoscopy merupakan alat untuk meneropong kondisi organ tubuh tertentu dengan memasukkan kamera pada ujungnya untuk mendiagnosis penyakit dan persiapan Tindakan medis. Endoskop dimasukkan melalui mulut, hidung, anus, atau irisan kulit dengan menggunakan alat khusus seperti laparoskopi.

Keenam, Apheresis merupakan alat untuk melakukan proses pengambilan salah satu komponen darah, untuk didonorkan, seperti trombosit, sel darah merah, leukosit, plasma dan selpunca.

Ketujuh, Urologi merupakan alat bedah khusus berfokus pada saluran kemih dan system reproduksi laki-laki, dapat menangani masalah batu saluran kandung kemih tanpa melakukan sayatan.

“Berbagai program di bidang kesehatan tersebut berpengaruh pada Angka Harapan Hidup (AHH). AHH Kota Parepare mengalami trend peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2018, AHH mencapai 70,88 tahun, pada tahun 2019 meningkat menjadi 71,18 tahun dan pada tahun 2020 meningkat lagi hingga mencapai 71,27 tahun. Peningkatan ini turut berpengaruh pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Kota Parepare,” lugas Taufan Pawe, Sabtu (13/3/2021).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed