Tagana Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa Dirikan Dapur Umum

MAKASSAR, SULAPA. COM – Kota Makassar dilanda banjir bandang khususnya di Perumnas Antang Blok 8 dan Blok 10 beberapa hari yang lalu. Hingga kini, masih banyak korban yang mengungsi ke posko-posko pengungsian. Guna memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi banjir tersebut, Dinas Sosial Kota Makassar melalui peran para personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa mendirikan dapur umum di sekitar lokasi pengungsian.

Berangkat dari kesamaan rasa peduli yang tinggi terhadap sesama, Atas dasar itulah Tagana Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa menjadi garda terdepan dalam penangan bencana di kota Makassar.

Taruna Siaga Bencana(Tagana) Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa secara rutin masih mengaktifkan berbagai layanan, termasuk dapur umum untuk warga terdampak banjir. Dari dapur umum ini, dapat diproduksi 400 bungkus makanan siap santap pagi dan malam, masing-masing 200 bungkus.

Warga terdampak bencana belum bisa memasak untuk memenuhi kebutuhan makan. Mereka masih tetap mengambil makanan yang sudah siap di Posko Dapur Umum yang disediakan Tagana.

Koordinator Kegiatan Wahyuddin menjelaskan, Itu untuk satu kali makan mereka bisa dua kali sehari siang dan malam. Untuk yang pagi dimulai masak pukul 06.00 sampai pukul 11.00 wita sehingga pukul 12:00 WITA siang sudah mulai distribusi.

“Untuk yang kedua pada malam Hari, mulai masak pukul 13:00 WITA. Dan mulai distribusi selesai sekitar pukul 19.00 WIB dan untuk distribusi pihaknya bekerjasama dengan PMI.katanya kepada jurnalis di lokasi Dapur Umum, Sabtu (13/03/21).

Lebih jauh lagi, Bayu sapaan akrabnya berharap kepada pengurus karang taruna bahwa mereka disini bekerja ikhlas tidak untuk digaji tapi bekerja untuk masyarakat karena memang mengabdi untuk masyarakat hidup ditengah masyarakat dan tidak bisa lepas dari masyarakat.

“Sebagaimana tagline kami di Karang Taruna Kelurahan Tamangapa “Ketika Mereka Hanya Berkata, Kami Akan Terus Berkarya”,pungkasnya.

Sementara itu Tagana Kota Makassar, Ismail, S.Kesos., mengatakan bahwa ini menjadi tanggung jawab dan tugas pokok kami di Tagana setiap ada peristiwa bencana yang terjadi mereka akan turun.

“dan kami koordinasi dan bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa dalam mendirikan dapur umum didekat pengungsian,” tandasnya.

Humas Zainuddin

Tinggalkan Balasan