oleh

HMPS Pariwisata Syariah IAIN Parepare menggelar kegiatan Bersih bersih pantai

PAREPARE, SULAPA. COM – HMPS Pariwisata Syariah IAIN Parepare menggelar kegiatan Bersih bersih pantai. Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 Hari dari 21 sd 25 Juni 2021. Kegiatan ini berlangsung di pantai lumpue. Tri Andikah Syamsuddin kordinator kegiatan mengatakan Tujuan kegiatan agar Ekosistem pantai lumpue terjaga dan bersih.

“Harapan setelah kegiatan ini diharapkan feedback dari masyarakat sekitar pantai lumpue agar tetap menjaga ekosistem, kebersihan pantai dari limbah sampah dan kami berharap di kegiatan ini diberi kesempatan untuk mengelola pantai lumpue supaya dikenal orang banyak, bahwa dikota Parepare ada pantai lumpue.” Kata Tri

Lanjut Tri, Pantai dan laut merupakan sumber penting dari berbagai jenis bahan makanan dan pengobatan, dan merupakan salah satu bagian utama dari biosfer Bumi. Oleh sebab itu, salah satu peran kita sebagai masyarakat dan mahasiswa adalah mengetahui pentingnya menjaga kebersihan pantai dan menerapkannya dalam kehidupan.

“Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi ekosistem pantai dan laut. Salah satu langkah paling mudahnya adalah dengan tidak membuang sampah ke pantai dan laut. Dengan meminimalkan sampah yang dibuang ke lautan, maka tingkat pencemaran air laut pun bisa ditekan. Sehingga, lautan sebagai penyedia sumber air dan oksigen terjaga, serta tingkat keanekaragaman hayati khususnya biota laut pun tidak terancam punah.” Jelas Tri

Tri menambahkan, Jika perlu, saat mengunjungi pantai dapat membawa kantong plastik dan mengumpulkan sampah-sampah yang bertebaran. Dari sini, diharapkan dapat menginspirasi orang-orang di sekitar untuk turut melakukannya. Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat bisa bergabung dengan komunitas atau organisasi yang fokus pada aktivitas kelautan.

“Itulah sekilas mengenai pentingnya menjaga kebersihan laut. Dengan menjaga potensi maritim yang dimiliki Indonesia, diharapkan dapat menjadi bekal keberlanjutan keanekaragaman hayati di masa mendatang. Sehingga, generasi selanjutnya masih bisa menikmatinya.” Terang Tri.

Lap : Fajrin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed