60 Tahun Pramuka Indonesia Ridwan Kamil Disematkan Lencana Karya Bakti

DEPOK, SULAPA.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat Lencana Karya Bakti dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso.

Lencana Karya Bakti diberikan atas dasar dedikasi Ridwan Kamil yang konsisten memberikan jasa dan pengabdian yang tak terhingga terhadap gerakan kepramukaan Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan bunyi petikan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 175 Tahun 2012.

Penyematan lencana dilakukan sebelum upacara peringatan ke-60 Hari Pramuka Indonesia yang dilakukan virtual dari Taman Rekreasi Wiladatika, Jalan Jambore No 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Sabtu (14/8/2021).

Selama upacara peserta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Di dalam ruangan pun jumlah orang yang hadir dibatasi untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Joko Widodo meminta pramuka menjadi garda terdepan dalam mengampanyekan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat secara masif.

“Pramuka Indonesia harus mempelopori kepada masyarakat mengenai kedisplinan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci untuk keluar dari masa pandemi COVID-19,” ujar Jokowi.

Selain itu Presiden juga berpesan kepada pramuka agar mengajak masyarakat yang berusia di atas 12 tahun untuk segera melaksanakan vaksinasi.

“Hal itu dilakukan untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity). Karena kunci utama keluar dari pandemi adalah kedisiplinan protokol kesehatan dan percepatan vasinasi untuk
mencapai kekebalan komunal,” katanya.

Tak hanya itu, ia berharap pramuka Indonesia bisa menjadi contoh masyarakat yang tangguh, mampu menghadapi semua tantangan, dan mampu menggalang kepedulian terhadap sesama.

“Pramuka juga perlu untuk menjadi pribadi yang bersedia berkorban, dan membantu seluruh saudara, keluarga dan tetangga di lingkungan sekitar,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan