oleh

Opini : Kebiasaan Masyarakat Dalam Membuang Sampah Secara Sembarangan

Membuang sampah sembarangan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya sampai sekarang masih saja banyak ditemukan orang-orang yang membuang sampah secara sembarangan. Padahal ketika ditempat umum telah tersedia tempat sampah dengan warna dan fungsinya masing-masing. Tetapi masyarakat seolah-olah tidak melihat tempah sampah tersebut malah membuang sampah dimana-mana.

Masyarakat seolah enggan untuk peduli dengan keadaan sampah dilingkungan sekitar padahal lingkungan itu sendiri adalah milik kita bersama, seandainya jika semua manusia sudah tidak peduli dengan lingkungan akan mengakibatkan ketidaksimbangan alam yang bisa mengakibatkan berbagai persoalan baru. Mulai dari bencana banjir dan tanah longsor yang menimbulkan penyakit gatal gatal dan demam berdarah , heranya adalah banjir yang ini mungkin menjadi bencana di kota-kota besar yang sejatinya kerapkali menjadi banjir langganan yang terjadi setiap tahun saat musim hujan.

Masyarakat yang membuang sampah tidak mengenal batasan usia, tidak mengenal dari kalangan manapun, dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa, kaya ataupun miskin, pejabat ataupun pekerja swasta, semuanya bisa saja membuang sampah secara sembarangan. Anak-anak yang membuang sampah secara sembarangan bisa jadi meniru apa yang mereka lihat dilingkungan sekitarnya atau melihat orangtuanya dalam melakukan tindakan tersebut.

Biasanya masyarakat yang tinggal di daerah yang dekat sungai-sungai ataupun dipegunungan yang sering melakukan aktivitas tersebut. Mereka sering membuang sampah ke Sungai karena memang minimnya tempat pembuangan sampah, jadi mereka membuangnya ke Sungai ataupun disekitar jurang. Masyarakat menjadikan sungai sebagai tempat sampah hingga pada akhirnya sungai menjadi tercemar, disebabkan banyaknya tumpukan sampah di Sungai.

Disisi lain ketika ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan lantas dilihat oleh masyarakat lainnya, mereka enngan untuk menegur dan juga enggan untuk peduli. Padahal banyak pula masyarakat yang menginginkan lingkungan bersih dan nyaman. Tapi sepertinya hal tersebut hanyalah angan belaka, tidak akan pernah dan tidak akan bisa terwujud jika sebagian masyarakat lainnya masih kurang sadar akan hal seperti ini. Kitapun sebagai masyarakat tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Karena pemerintah telah memberikan upaya-upaya yang ada dalam menanggulangi masalah sampah. Dari sinilah perlunya tingkat kepedulian yang tinggi dan juga kesadaran diri masing-masing dari setiap masyarakat, agar kiranya lebih bisa bekerjasama dan kompak dengan pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan juga dalam menaggulangi masalah ini secara bersama.

Penulis : Nur Fitratul Jannah
Mahasiswa jurusan ilmu komuniasi, UIN Alauddin Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed