oleh

Juara 1 Nasional Pasar Pangan Aman, Parepare Jadi Sasaran Studi Banding BBPOM Palangkaraya

PAREPARE, SULAPA.COM — Keberhasilan Kota Parepare dalam hal ini Pasar Rakyat Sumpang Minangae menjadi juara 1 tingkat nasional Lomba Pasar Pangan Aman, membuat jadi perhatian se-Indonesia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pun merekomendasikan Parepare sebagai lokasi studi banding Pasar Pangan Aman Nasional.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya yang tertarik datang studi banding ke Parepare, Kamis, 25 November 2021.

Sub Koordinator Pengujian Kimia Balai Besar POM Palangkaraya, Nurfadillah mengatakan, kunjungan ke Parepare ini dalam rangka mempelajari pengelolaan dan pengembangan pasar tradisional, di mana Pasar Sumpang Minangae Parepare adalah Pasar Pangan Aman terbaik tingkat nasional.

Sementara Pasar Sumpang Minangae adalah Pasar Rakyat bersertifikat SNI yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana representatif. Di antaranya ruang laktasi, pos kesehatan, musala, toilet, sarana parkir, ruang pengaduan konsumen, Bank Sampah, dan etalase produksi home industri pelaku UMKM.

Pasar Sumpang berkonsep wisata belanja berada di Kawasan Tonrangeng River Side. Dilengkapi ruang pojok uji pangan aman sebagai tempat menguji bahan makanan jika diragukan mengandung bahan berbahaya. Kemudian tempat timbangan ulang di setiap sudut pasar, dan penyediaan sayur hydroponik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed