oleh

Kolaborasi Dalam Aksi Peringatan Hari AIDS Sedunia Kota Parepare Di Gelar Di Seputaran Tugu Habibie

PAREPARE, SULAPA. COM – Hari AIDS Sedunia pertama kali diperingati pada 1 Desember 1988. Hari AIDS Sedunia setiap tahunnya diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) sebagai penyakit yang menyerang tubuh manusia dalam waktu lama. Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2021 di Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) melalui penggerakan sumber daya yang melibatkan semua sektor terkait.

Seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2021 ini sejumlah aktivis pemerhati AIDS kota Parepare juga memperingati Hari AIDS Sedunia yang diselenggarakan pada hari 1 Desember 2021 di Lapangan Andi Makkasau di area Patung Habibie Ainun Kota Parepare dengan Tema Global adalah End Inequalities, End AIDS, End Pandemics dan adapun tema Nasional “Akhiri AIDS : Cegah HIV, Akses untuk Semua”.

Peringatan Hari AIDS 2021 pada kegiatan ini berkolaborasi dari berbagai organisasi pemerhati HIV/AIDS, seperti PVHI, YPKT Parepare, AKPER Fatima Parepare, UKM PIK-M Genetik UM Parepare, YLP2M, RS Al Kahfi, Serta Instansi Kesehatan baik dari puskesmas maupun Rumah sakit di Kota Parepare, dan beberapa lembaga ataupun instasi yang turut memperingati kegiatan ini. Serta beberapa media partner dari Parepare Informasi, Parepare Update, Radio Mesra 102.8 FM Parepare, Sulapa.com, TV Peduli, Parepare_Info, dan beberapa media partner yang ikut dalam kegiatan ini

Ketua Panitia, Ns. Abd. Risal, S.Kep., M.Kep., mengatakan dalam melakukan kegiatan ini bertujuan menguatkan pengiat HIV untuk tetap berkontribusi dalam pendampingan Orang dengan HIV (ODHA), saat ini masih jauh dari sasaran yang harus diobati, masih banyak diluar sana yang belum datang berobat.

“oleh karena itu kami mengharapkan kepada masyarakat, kiranya men-support kegiatan pengendalian HIV dengan mengajak warganya, keluarganya untuk datang ke fasilitas kesehatan untuk testing HIV ketika melakukan atau pernah beresiko, jangan ragu datang ke fasilitas kesehatan yang ada di parepare itu gratis dengan pelayanan maksimal, perhatian terhadap odha dan juga ada obatnya.” kata Risal

Adapun perwakilan dari Mahasiswa Akper Fatima Kota Parepare, Ikbal Abu mengatakan dalam hal ini ikut berkontribusi, karena mereka yakin bahwa dengan orasi sosialisasi yang diadakan di Kota Parepare tepatnya di Area Patung Habibie Ainun , ini bisa menjadi salah satu wadah untuk masyarakat terkhususnya Kota Parepare akan sadar bahaya HIV/AIDS dan menghindari terjadinya stigma pada penderita “Hindari Penyakitnya bukan Orangnya”.

“harapan bahwa kegiatan ini juga bisa menjadi tolak ukur masyarakat dalam berbuat sehingga bisa menciptakan regenerasi yang lebih baik lagi di masa revolusi industri. Tak hanya itu resiko untuk menjadi terinfeksi virus tersebut bisa menjadi lebih sempit dalam hal ini. “Ujar Ikbal Abu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed