Peringati Hari Hiv/Aids, Ini yang dilakukan Aktivis Aids Parepare

PAREPARE, SULAPA. COM – Aktivs dan Pemerhati AIDS kota parepare dalam rangka Hari AIDS 2019 akan menggelar beberapa kegiatan menyambut Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tiap 01 desember setiap tahunnya. Hal tersebut di kemukakan Abd. Risal, S.Kep., Ns. M.Kep, Jumat (28/11/19)

Menurut Risal, Melihat berbagai kasus HIV & AIDS yang terjadi di Indonesia, terjadi peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Dimana Sulsel masuk 10 besar secara nasional. Begitupun dengan yang terjadi di kota Parepare, dimana daerah kita ini masuk 3 besar di Sulsel.

“Parepare sejak tahun 2006 hingga September 2019 terdapat 425 kasus Hiv, dari jumlah tersebut, laki–laki sebanyak 234 orang, dan perempuan sebanyak 191 orang, Maka kami dari Panitia Hari Aids Kota Parepare merasa peduli akan perlunya pengetahuan yang lebih mengenai bahaya dan  pentingnya menjaga diri dari HIV & AIDS yang kian bertambah setiap waktunya.” Jelas Risal.

Tambahnya, Maka, dalam permasalahan diatas mereka mencoba untuk melahirkan sebuah kegiatan yang mendidik dan menarik yang dikemas dalam bentuk yang berbeda sehingga diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

“Program yang melibatkan mahasiswa dan khalayak umum se-Kota Parepare ini disesuaikan dengan tema Hari Aids Nasional “Bersama Masyarakat Meraih Sukses” , dimana pada acara tersebut kami akan mengajak semua yang terlibat dalam acara ini untuk bersama-sama saling bergabung menjadi satu guna menyebarluaskan informasi mengenai HIV AIDS, menghilangkan stigma pada Orang dengan Hiv/Aids (Odhiv), dan diharapkan ke depannya Odhiv dapat hidup dan bersosialisasi tanpa stigma dan bersama masyarakat dapat meraih sukses tanpa diskriminasi.” Terangnya.

Mastika Mardjaeni. S.Kep, Ns sekertaris panitia hari AIDS tingkat kota parepare mengungkapkan maksud dan tujuan melakukan kegiatan ini adalah Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya penyakit AIDS. Menghapus stigma kepada para Odhiv. Sebagai wujud aksi nyata dalam memperingati Hari AIDS se-Dunia. Meningkatkan kesadaran, kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan HIV / AIDS.

Dalam memperingati Hari AIDS kali ini panitia menggelar aksi pada 01 Desember 2019 di Patung Ainun Habibi berupa Orasi Bersama aktivis HIV AIDS, di Lapangan Andi Makkasau Senam Germas serta dilanjutkan, 03 desember 2019 Conseling dan Penyuluhan HIV, di DDI Albadar Bilalange, 04 desember 2019, Penyuluhan HIV di STIH Amsir 21 Desember 2019 Baruga Walikota Parepare di gelar Seminar Kesehatan.

Bukan hanya Tenaga kesehatan, Aktivis HIV AIDS, namun masyarakat umum, pelajar, mahasiswa dan semua pihak yang tertarik bisa ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *