Catatan Yawae Massapeda “Touring Parepare – Tana Toraja – Parepare”

Kegiatan touring merupakan suatu kegiatan yang senantiasa menjadi daya tarik bagi setiap goweser untuk menguji kemampuan dan daya tahan serta melatih mental bagi setiap pencinta sepeda, disamping itu juga sebagai sarana rekreasi sambil berolah raga.

Kegiatan touring yang telah diagendakan oleh komunitas Yawae Massapeda yaitu hari Sabtu dan Ahad tanggal 10 dan 11 Oktober 2020 touring Parepare – Tana Toraja – Parepare.

Goweser Yawae Massapeda selama 2 hari ini menyelesaikan touring Parepare -Tana Toraja – Parepare, dengan jarak sekitar 267 km dengan catatan waktu efektif gowes sekitar 15 jam lebih.

Menurut ketua Yawae Massapeda Hamka Hindi bahwa ini rute yang sangat menantang dan asyik untuk dijajal, karena jalur yang dilewati banyak tanjakan, penurunan dan begitu juga dengan tikungan tajam baik dari Parepare ke Toraja maupun arah balik dari Toraja ke parepare, namun semangat para goweser Yawae Massapeda akhirnya touring kali ini diselesaikan dengan baik.

Lain halnya yang disampaikan Ewink Syarifuddin selaku ketua devisi bidang touring bahwa, memilih daerah Tana Toraja ini karena memiliki tingkat elevasi yang tinggi dan mengasyikkan untuk dilalui serta daerah ini dikenal sebagai daerah pariwisata sehingga para goweser yang membawa keluarga, bisa berkunjung ke tempat obyek-obyek wisata tersebut.

Ternyata tidak mudah untuk menjajal daerah ini dengan menggunakan berbagai jenis sepeda antara lain sepeda lipat, sepeda gunung dan road bike atau sepeda balap karena tingkat kesulitan dan tantangannya bermacam-macam seperti kondisi jalan, cuaca hujan dan panas terik matahari, namun mental para goweser Yawae Massapeda sehingga hambatan dan kendala di jalan tidak banyak berpengaruh, sebagaimana diungkapkan Heril Hindi.

Yang menarik dari touring kali ini menurut Yodi Haya, adalah bahwa dari 27 orang yang ambil bagian, terdapat seorang Vinca Hamka Hindi, seorang anak yang berumur 12 tahun yang duduk di SMP kelas 1, dengan sangat bersemangat dan mampu bersepeda dengan jarak sekitar 110 km, yang dijalani secara parsial atau sebagian-sebagian dari Toraja ke Resting House Bamba Puang, lalu Malimpung Pinrang ke Kota Parepare, ini merupakan pencapaian yang luar biasa, bagi seorang anak yang seumurannya.

Yawae Massapeda
“Sehat, Senang dan Bahagia Bersama”

Tinggalkan Balasan