oleh

24 Inovasi SKPD Bersaing di Lomba Inovasi, Puslatbang KMP LAN RI: Bukti Parepare Tiada Henti Berinovasi

MAKASSAR, SULAPA. COM — Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Parepare masing-masing menampilkan inovasi terbaiknya di ajang Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare 2021.

Lomba yang diadakan Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini berlangsung dua hari, Senin dan Selasa, 25-26 Oktober 2021 di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar.

Lomba Inovasi dibuka langsung Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe. Hadir Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Dr Andi Taufik dan jajaran.

Dari Pemkot Parepare, hadir Wakil Wali Kota H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad, Asisten, para Kepala SKPD, dan jajaran pejabat Pemkot Parepare.

Kepala Bappeda Parepare Samsuddin Taha diwakili Sekretaris Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun dalam laporan mengungkapkan, ada 24 inovasi dari 10 SKPD dan 3 UPTD yang berkompetisi pada Lomba Inovasi tahun ini.

Rata-rata SKPD dan UPTD mengirim satu inovasi untuk dilombakan, kecuali Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare yang mengirim 11 inovasi dan Dinas Kesehatan Parepare dua inovasi.

“Lomba Inovasi Kota Parepare Tahun 2021, dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kemampuan aparat dalam menciptakan inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih optimal di Kota Parepare,” ungkap Zulkarnaen Nasrun dalam laporan.

Zulkarnaen mengemukakan, Lomba Inovasi ini bertujuan untuk mendorong semangat berinovasi dalam upaya peningkatan pelayan publik. Kemudian memacu dan memotivasi OPD/SKPD Pemkot Parepare untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas sesuai dengan bentuk inovasi. Serta memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para inovator.

Tahapan pelaksanaan lomba dimulai dari tahap presentasi dari masing-masing inovator dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi lapangan.

“Semoga kegiatan ini memberikan hasil yang baik untuk peningkatan semangat inovasi Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas,” harap Zulkarnaen.

Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Andi Taufik mengapresiasi bahwa inovasi-inovasi yang disodorkan oleh setiap SKPD membuktikan bahwa inovasi tiada henti di Parepare.

Andi Taufik menilai, inovasi dari setiap SKPD itu bukti bahwa Wali Kota Parepare Taufan Pawe sudah menanamkan semangat inovasi kepada jajarannya. Inovasi ini berbanding lurus dengan kemajuan Parepare, dan peningkatan pelayanan publik.

“Sebelum Wali Kota dijabat oleh Pak TP (Taufan Pawe), Kota Parepare minim inovasi. Kita lihat sekarang setalah beliau (Taufan Pawe) memimpin, dari waktu ke waktu inovasi terus tumbuh dan ada di mana-mana,” tandas Andi Taufik.

Dalam kesempatan itu, Andi Taufik bersama Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, Sekda Iwan Asaad, para Asisten, dan Kepala BKPSDMD Parepare Gustam Kasim meninjau proses presentasi Lomba Inovasi oleh setiap SKPD. (*)

Peserta Lomba Inovasi Pemkot Parepare

  1. Satu Inovasi dari Sekretariat Daerah yaitu Bagian Kesra
  2. Satu Inovasi dari RSUD Andi Makkasau
  3. Satu Inovasi dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata
  4. Satu Inovasi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan
  5. Satu Inovasi dari Dinas Pekerjaan Umum yaitu UPTD Penerangan Jalan Umum
  6. Satu Inovasi dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  7. Satu Inovasi dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah
  8. Satu Inovasi dari Kecamatan Bacukiki
  9. Satu Inovasi dari UPTD SD Negeri 24
  10. Satu Inovasi dari UPTD Puskesmas Lapadde
  11. Satu Inovasi dari UPTD Puskesmas Lumpue
  12. Dua Inovasi dari Dinas Kesehatan
  13. Sebelas Inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed