oleh

Opini : Nyaman Dan Aman Bersama DAMRI Makassar


Sebelum mengulas tentang Damri Makassar, yuk kenalan dulu sama Damri. Damri merupakan perusahaan umum yang bergerak di bidang layanan angkutan penumpang dan pengiriman barang.

Damri merupakan singkatan dari “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia” dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 November 1946. sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya. (dilansir dari laman dishub.kamparkab.go.id).

Damri Makassar, Sulawesi Selatan menghubungkan beberapa destinasi seperti, Parepare, Sinjai, Palu, dan Bandara Sultan Hasanuddin. Dahulu destinasi perjalanan bus Damri ada banyak seperti wilayah pinrang, Polwan, Majene, Mamuju, Tasiu, Tarailu, Topoyo, Karossa, Bambaloka, Tikke, Pasang Kayu, dan Donggala.

Walaupun saat ini sudah banyak transportasi umum, namun memilih untuk naik bus Damri tetap menjadi pilihan yang baik. Kenapa? karena dengan naik bus banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Pertama, fasilitas yang memuaskan. Siapa yang tidak mau duduk tenang dengan nyaman sambil menikmati perjalanan? Semua penumpang pasti menginginkan hal itu, apalagi kalau untuk bepergian jauh atau pulang kampung. Dibandingkan dengan mobil sewa yang berlalu-lalang sudah pasti fasilitasnya berbeda dengan bus Damri, misal tempat duduk yang kecil dan berdekatan dengan penumpang lain. Selain itu, Interior di dalam bus cukup rapi dan bersih. Bus juga dilengkapi dengan pendingin udara supaya penumpang tetap merasa nyaman dan tidak gerah.

Kedua, pelayanan yang baik dan aman. ketika sudah sampai di terminal Damri, petugasnya selalu bersikap ramah dan menanyakan keperluan penumpang. Misal penumpang ingin membeli tiket maka penumpang akan diarahkan ke loket pembelian tiket. Akan tetapi uuntuk pembelian tiket hanya bisa dilakukan di terminal perwakilan Daya, di terminal perwakilan Toddopuli hanya akan diberikan nomor kursi saja yang kemudian akan dibayar pada petugas yang menagih di tas bus nantinya. Selain itu jika dalam perjalanan nanti terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh petugas Damri, maka penumpang tidak perlu risau, karena Perum Damri sudah bekerjasama dengan PT. Jasa Raharja sehingga semua penumpang akan mendapatkan asuransi selama penumpang memilki karcis sebagai bukti penumpang bus DAMRI yang menjadi perjanjian antara penumpang dengan bus Damri.

Dibandingkan dengan transportasi sewaan yang terkadang ada beberapa oknum supirnya yang tidak berhati-hati dalam mengendarai kendaraan sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan, penumpang tidak akan mendapatkan asuransi seperti bus Damri.

Ketiga, tarif perjalanan yang murah. Untuk tarifnya berbeda-beda setiap destinasi. Untuk rute Makassar- Parepare penumpang hanya membayar Rp50.000,- saja, sebelumnya tarif perjalanan ke kota parepare hanya Rp42.000,- akan tetapi semenjak virus Covid-19 masuk di indonesia tarif bus meningkat, hal ini dikarenakan kurangnya penumpang yang ingin naik bus dan memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Dibandingkan dengan mobil sewa yang berlalu-lalang bisa mencapai Rp80.000,- untuk satu kali perjalanan ke Parepare.

Keempat, dapat mengirim barang sesuai destinasi perjalanan. Selain pengangkutan penumpang, Damri Makassar juga menerima pengiriman barang sesuai destinasi perjalanan. Tarif pengiriman barang tergantung dari jenis barang yang kita kirim dan tergantung dari resiko kerusakannya. Misal barang yang ingin dikirim merupakan barang pecah belah, maka tarifnya akan lebih mahal dibanding barang yang bukan terbuat dari kaca. Hal ini dilakukan petugas Damri Makassar untuk menjaga ketahanan barang tetap utuh sampai di tanngan penerima.

Untuk masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya kota Makassar yang ingin mencoba naik bus Damri bisa langsung datang di terminal perwakilan Damri. Letak terminalnya berada di dua lokasi, yakni terminal perwakilan Toddopuli, dan terminal perwakilan Daya. Dua terminal ini memudahkan penumpang untuk mengakses terminal terdekat dari lokasi rumahnya.
Itulah beberapa keuntungan ketika memilih untuk menggunakan bus Damri. Sebenarnya menggunakan transportasi umum juga baik, akan tetapi disarankan untuk menggunakan bus Damri ketika ingin bepergian jauh dan mudik agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

Penulis : Akhirunnisa Triwidarti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed