Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan, Pemkot Parepare Pastikan Pembangunan Responsif Kebutuhan Anak

PAREPARE, SULAPA. COM — Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Tingkat Kecamatan 2022. Musrenbang Anak ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Musrenbang RKPD Kota Parepare 2023.

Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha saat membuka Musrenbang Anak Kecamatan di Hotel Bukit Kenari, Parepare, Selasa, 15 Februari 2022, mengatakan, Musrenbang Anak adalah forum musyawarah bagi anak yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah untuk mendorong partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan daerah. Samsuddin mengemukakan, pelaksanaan Musrenbang Anak merupakan salah satu komitmen Pemerintah Kota Parepare membuka ruang bagi anak-anak di Parepare untuk berpartisipasi aktif dalam perumusan rencana pembangunan daerah.

“Dengan keterlibatan anak dalam perumusan rencana pembangunan daerah, maka pemerintah yakin bahwa pembangunan yang dilaksanakan akan responsif terhadap kebutuhan anak di Kota Parepare,” tegas Samsuddin.

Samsuddin memaparkan, pada 2020, jumlah anak di Parepare mencapai 46.840 jiwa atau 30,93 persen dari jumlah seluruh penduduk yang mencapai 151.454 jiwa. Jumlah yang besar menjadi salah satu pertimbangan pemerintah dalam setiap pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kepentingan anak. “Untuk itu, pelaksanaan Musrenbang Anak tahun 2022 sangat urgent dalam menentukan pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter dan berkualitas,” kata Samsuddin.

Dia mengharapkan agar Fasilitator Musrenbang Anak dapat memfasilitasi peserta Musrenbang dengan sebaik-baiknya sehinga para peserta dapat menyampaikan pendapatnya secara bebas dan daftar usulan prioritas yang dihasilkan merupakan buah pemikiran dari seluruh peserta Musrenbang Anak. Di samping itu, fasilitator perlu memastikan bahwa usulan-usulan prioritas yang dihasilkan dalam Musrenbang kali ini dapat sesuai dengan tema pembangunan sehingga anak-anak dapat berkontribusi langsung dalam pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Parepare 2018-2023.

“Saya harapkan juga dalam pelaksanaan Musrenbang Anak kali ini, anak-anakku sekalian dapat merumuskan usulan prioritas dan memilih 10 orang peserta setiap Kecamatan untuk menjadi Tim Musrenbang Anak yang akan mewakili anak-anakku sekalian dalam pelaksanaan Musrenbang Anak Tingkat Kota Parepare Tahun 2022 yang In Syaa Allah akan dilaksanakan pada Minggu kedua Maret 2022,” harap Samsuddin.

Musrenbang Anak Kecamatan diikuti Forum Anak Kota Parepare, Koordinator dan Fasilitaor Musrenbang Anak, serta para stakeholder. Peserta Musrenbang terbatas, dan dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Di Sulsel, bahkan Indonesia masih terbatas daerah yang melaksanakan Musrenbang Anak. Parepare sudah enam tahun berturut-turut menggelar Musrenbang Anak, dan setiap tahun menunjukkan progres yang baik. Selalu ada peningkatan. Baik dari segi partisipasi, fasilitas, tempat, dukungan pemerintah dan stakeholder. Bahkan Musrenbang Anak di Parepare sudah mulai dari tingkat Kecamatan.

Oleh Forum Anak Nasional disebutkan, hanya tiga daerah yang menjadi percontohan Musrenbang Anak secara nasional yakni Surakarta, Parepare, dan Bantaeng. Parepare adalah salah satu yang terbaik di Indonesia dalam pelaksanaan Musrenbang Anak. (*)

Tinggalkan Balasan