Menjadi Referensi Nasional, BPOM Semarang Studi Tiru di Pasar Sumpang Minangae Parepare

PAREPARE, SULAPA.COM — Kota Parepare kedatangan tamu dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

BPOM Semarang datang khusus untuk melakukan studi tiru terkait pasar pangan aman di Parepare, yakni Pasar Rakyat Sumpang Minangae.

Pasar Sumpang Minangae jadi referensi nasional oleh BPOM RI, berkat keberhasilannya menjadi juara satu lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional pada 2021.

Kepala Dinas Perdagangan Parepare, Prasetyo Catur yang menyambut Tim BPOM Semarang di Pasar Sumpang Minangae, Rabu, 16 November 2022, mengatakan, kunjungan ini dalam rangka studi tiru pasar aman.

“Kehadiran Tim BPOM Semarang untuk melihat langsung inovasi yang ada di dalam Pasar Sumpang,” ujar Prasetyo.

Prasetyo mengungkapkan, BPOM Semarang secara khusus mengapresiasi komitmen Pemkot Parepare dan kolaborasi SKPD melalui Tim Gadis Paman atau Gabungan Dinas Pasar Pangan Aman.

“Tim melihat bagaimana tata kelola pasar. Dan mereka mengapresisi Pasar Sumpang yang terus terjaga kebersihan dan keamanannya dari bahan berbahaya,” ungkap Prasetyo.

Sebelumnya, Pasar Sumpang Minangae dinobatkan menjadi yang terbaik nasional Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas berkat komitmen dan peran aktif komunitas pasarnya dalam mewujudkan pasar pangan aman berbasis komunitas.

Itu diperkuat oleh kolaborasi antar SKPD yang tergabung dalam Tim Gadis Paman Parepare yang terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan pelayanan dan menjamin keamanan pangan kepada masyarakat khususnya warga pasar tradisional. 

Tinggalkan Balasan