Lurah Lumpue Terapkan SRIKANDI pada Administrasi Nikah ke KUA

PAREPARE, SULAPA. COM, – Beberapa waktu yang lalu, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare terima Penghargaan tingkat nasional dari ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) atas Implementasi Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Aplikasi Srikandi ini merupakan kolaborasi dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan beberapa kementerian yang diimplementasikan di seluruh Indonesia yang diimana pengarsipan tersebut mendukung pengelolaan arsip di pemerintahan berbasis elektronik atau digital.

Kemudian Lurah Lumpue, Chaedir Saputra mencoba transformasi digital tersebut, melakukan langkah awal melalui tanda tangan elektronik pada administrasi Kantor Urusan Agama (KUA) Bacukiki Barat terkait Surat Pengantar Pernikahan dari kelurahan.

“Jadi dimanapun kita dapat menandatangani berkas secara elektronik, hal ini terbantukan dengan adanya adik-adik dari Universitas Muhammadiyah Parepare jurusan informatika, kemudian kita berembuk untuk membuat hal tersebut dan berkas tersebut terdokumentasi dengan baik di ANRI,” jelas Chaedir Saputra saat ditemui dikantornya, Senin (18/09/23)

Ia berharap, semoga kedepannya layanan di kantor kelurahan khususnya di kelurahan Lumpue bisa optimal dengan adanya aplikasi seperti ini dengan tidak lagi harus membuat masyarakat menunggu.

“Semoga ini juga menjadi motivasi kepada teman-teman yang lain bahwa sekarang ini eranya tranformasi digital, jadi kita sebagai pelayan masyarakat, berikanlah pelayanan yang terbaik,” ujar Chaedir Saputra.

Menanggapi hal tersebut, Kepala KUA, Amir Said mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Lurah Lumpue.

“Kamis di KUA sangat mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Lurah Lumpue dengan adanya administrasi berbarcode, hal ini bisa memudahkan pelayanan masyarakat,” ujar Amir Said.

Tinggalkan Balasan