ITH Parepare Edukasi Pengenalan Robot Robotika Pada Siswa SMKN 2 Pinrang

PINRANG, SULAPA..COM – Institute Teknologi Habibie (ITH) Melalui Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggelar pelatihan Logika Robotika di SMKN 2 Pinrang Belum lama ini.

Ketua Tim Pelaksana PKM ITH Muh. Agus, S. Kom., M. Kom Pada media mengatakan, ITH melakukan Pelatihan Robotik kepada siswa yang ada di SMK Negeri 2 Pinrang. Selain pelatihan, juga memberikan lomba.

“Adapun terkait pelaksanaannya kami laksanakan selama 2 hari hari Selasa 28 mei 2024 sampai dengan Rabu 29 mei dan kami bagi jadi beberapa sesi di hari pertama ada dua sesi. Sesi pertama sesi pembukaan ada pemaparan materi logika matematika atau penerapan berpikir logis. Lalu di sesi kedua dilanjut lagi dengan pengenalan robot robotika komponen-komponen robotika lalu praktikum.” Jelas Agus.

Lanjut Asisten Ahli Dosen Prodi Ilmu Komputer ITH ini, Adapun praktikumnya mereka memberikan pelatihan kepada siswa membuat robot otomatis yang bisa mengikuti garis. Untuk hari kedua para Siswa di berikan pemaparan materi pengenalan soal komponen robotika setelah itu praktikum.

“Jadi di sesi kedua itu praktikumnya kami lanjut lagi sesi pertama untuk praktikumnya hanya sedikit program di hari kedua praktikumnya lebih kuat kami memperbanyak jadi saya mau memperagakan setelah itu dilanjut lagi siswa yang menerapkan pada robot masing-masing jadi kami membagi robot juga ke siswa-siswanya siswanya rakit lalu program juga program sendiri sesuai instruksi yang telah saya berikan.” Jelas Agus.

 

Kepala Sekolah SMKN 2 Pinrang Abdul Kadir S.Pd., M.Pd. menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap kegiatan serupa dapat terus di lakukan dan ITH Rutin untuk menggali potensi para siswa dengan durasi yang di tambah.

“Saya mau bilang jempol saya bukan satu jempol saja. Kami senang anak-anak juga senang. Walau waktunya mepet sekali. Ketika kami ditanya waktu yang disiapkan ternyata kurang artinya mereka itu masih penasaran dengan ini. jadi karena kita adalah sekolah teknologi maka pengembangan teknologi itu harus diikuti. Jurusan yang paling dekat dengan itu jurusan ini. Kami berharap kegiatan seperti ini berulang pada program Institute Teknologi Habibie. Kalau masih ada programming tahun depan maka kami bersedia dijadikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan mungkin.” Harap Abd. Kadir.

Tinggalkan Balasan